Antisipasi Pemadaman, PLN Pasang 15 Unit Mesin Baru

id antisipasi pemadaman, pln, pasang 15, unit mesin baru

Antisipasi Pemadaman, PLN  Pasang 15 Unit Mesin Baru

Bengkalis (Antarariau.com)- PLN Rayon Bengkalis, Provinsi Riau, memasang sebanyak 15 unit mesin baru dengan masing-masing berkapasitas 1 MW untuk menghindari pemadaman di daerah itu.

"Mesinnya sudah kita pasang dan sudah kita operasikan, walaupun saat ini masih dalam tahapan pengetesan, tetapi sudah kita operasikan guna menghindari pemadaman berencana dan bergilir," kata Supervisor Teknik PLN Bengkalis, Irwan dalam keterangannya di Bengkalis, Jumat.

Dia mengatakan, saat ini pihak PLN tidak melakukan pemadaman bergilir kendati kebutuhan daya di daerah Bengkalis sudah terpenuhi.

"Kita memang sudah tidak melakukan pemadaman bergilir lagi, jikapun terjadi pemadaman itu disebabkan adanya gangguan, seperti monyet yang menyentuh jaringan kabel listrik, pohon yang mengenai kabel serta tersambar petir," katanya.

Dijelaskannya, berdasarkan yang terjadi dilapangan, pemadaman banyak disebabkan gangguan hewan seperti monyet yang sering bermain di jaringan listrik hingga terjadi pemadaman mendadak.

"Kita banyak menemukan banyaknya gangguan monyet, ini yang menyebabkan matinya aliran listrik, karena jika adanya gangguan, itu otomatis aliran listrik akan mati, dan itu banyak ditemukan di daerah perdesaan seperti Ketam Putih, hingga ke desa Sekodi, begitu juga di daerah kecamatan Bantan," katanya menjelaksan.

Selain gangguan monyet, lanjutnya lagi, gangguan pohon juga sering terjadi.

"Bukan hanya monyet, pohon yang berdekatan dengan jaringan aliran listrik juga, karena disaat angin kencang sering kita jumpai adanya pohon yang mengenai jaringan listrik ini, kita sudah sering mengingatkan warga untuk memotong pohon mereka yang dekat dengan aliran listrik, dan petugas kita juga membersihkan," ujarnya.

Saat ini di daerah perdesaan yaitu dari desa Penebal kecamatan Bengkalis menuju Sekodi dan arah pambang kecamatan Bantan sering dilakukan pemadaman dalam satu bulan ini, bahkan pemadaman dilakukan berjam-jam dan berulang kali, namun hal tersebut disebabkan adanya perbaikan.

"Untuk pemadaman yang terjadi sekarang di daerah perdesaan itu karena adanya perbaikan di konstruksi jaringan, itu semua kita lakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, dan atas nama PLN Rayon Bengkalis, kami mohon maaf kepada pelanggan karena gangguan yang terjadi dalam beberapa pekan ini," katanya.