Kabupaten Indragiri Hulu Tanpa Kepala Daerah

id kabupaten indragiri, hulu tanpa, kepala daerah

Rengat,18/5(ANTARA)- Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, hingga saat ini belum mempunyai kepala daerah, menyusul cuti kampaye pemilihan kepala daerah yang diajukan Bupati Inhu Mujathid Thalib pekan lalu.

"Sampai saat ini, Gubernur Riau Rusli Zainal belum juga menunjuk pengganti Mujtahid Thalib. Akibatnya terjadi kekosongan pejabat pimpinan daerah," kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Inhu, Multachdi di Rengat, Selasa.

Ia mengatakan, bupati Mujtahid Thalib sejak 17 Mei 2010 telah cuti dari jabatannya karena ikut lagi dalam bursa calon bupati Inhu periode 2010-2015. Pemilihan bakal berlangsung pada 3 Juni 2010.

Menurut dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan Biro Pemerintahan Pemerintah Provinsi Riau perihal pimpinan daerah Inhu. Bahkan pejabat pelaksana harian (Plh) bupati sudah diusulkan Biro Pemerintahan Provinsi Riau kepada Gubernur Riau sebanyak tiga nama yaitu Asisten I Pemprov Riau Abdul Latif, Asisten II Emrizal Pakis dan Asisten III Jhoni Irwan.

"Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Riau menjanjikan secepatnya memberi keputusan, tepatnya Senin kemarin. Namun dikarenakan gubernur ada keperluan dinas keluar kota, akhirnya ditunda hingga hari ini," ujarnya.

Diungkapkan Multachdi, tiga nama yang sudah diajukan tersebut, nantinya akan dipilih oleh gubernur siapa yang akan menjadi Plh Bupati Inhu. Sesuai petunjuk Mentri Dalam Negeri, Plh bupati haruslah gubernur, wakil gubernur, sekda ataupun para asisten dilingkungan Pemprov.

"Pihak Pemkab tidak bisa mendesak keputusan tersebut agar cepat keluar. Karena hal ini merupakan hak preogratif gubernur. Pemkab hanya menunggu keputusan yang tentunya kita harapkan secepatnya akan dapat teralisasi," katanya.