Arab Saudi-Rusia Setujui Pembelian Sistem Pertahanan Udara

id arab saudi-rusia, setujui pembelian, sistem pertahanan udara

Arab Saudi-Rusia Setujui Pembelian Sistem Pertahanan Udara

Riyadh (Antarariau.com) - Arab Saudi telah menyetujui pembelian sistem peluru kendali permukaan-ke-udara S-400 dari Rusia menurut siaran televisi al-Arabiya pada Kamis, ketika Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud mengunjungi Moskow.

Kedua negara juga menandatangani nota kesepahaman untuk membantu kerajaan mengembangkan industri militer menurut pernyataan dari Industri Militer Arab Saudi (SAMI).

SAMI menyatakan bahwa nota kesepahaman dengan eksportir senjata Rusia, Rosoboronexport, dilakukan terkait kontrak yang ditandatangani untuk pengadaan S-400, sistem Kornet-EM, TOS-1A, AGS-30 dan Kalashnikov AK-103 menurut siaran kantor berita Reuters.

SAMI tidak menyebutkan jumlah masing-masing alat di setiap sistem ataupun nilainya.

Namun perusahaan itu menyatakan nota kesepahaman "juga akan mencakup transfer teknologi canggih yang akan menjadi katalis untuk melokalisasi 50 persen belanja militer Kerajaan" menurut pernyataan SAMI yang dikutip AFP.

"Nota kesepahaman mencakup transfer teknologi untuk produksi lokal sistem rudal anti-tank Kornet, peluncur roket canggih dan peluncur granat otomatis."

"Selain itu, para pihak akan bekerja sama menyusun rencana untuk melokalisasi produksi dan keberlanjutan ketersediaan bagian-bagian sistem pertahanan udara S-400," kata SAMI.

Sejumlah kesepakatan ditandatangani selama kunjungan Raja Salman ke Rusia minggu ini, yang merupakan kunjungan pertama raja Arab Saudi ke negara itu menurut Reuters.