Siswa di Kuansing Terapkan Sekolah Ramah Lingkungan

id siswa di, kuansing terapkan, sekolah ramah lingkungan

Siswa di Kuansing Terapkan Sekolah Ramah Lingkungan

Teluk Kuantan, (Antarariau.com) - Banyak masyarakat yang belum mendapatkan akses sanitasi yang layak seperti pengelolaan air limbah rumah tangga dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hal ini bukan hanya kewajiban pemerintah saja, namun juga kewajiban semua pihak.

Tanoto Foundation melalui program Pelita Aman Sehat Ramah Lingkungan (ASRI) melalui kegiatan "Kampanye Sekolah Sehat" diikuti sebanyak 30 siswa dari SDN 003 Sungai Paku, SDN 005 Kebun Lado, SDN 003 Pulau Padang, dan SDN 002 Muara Lembu yang berada diwilayah operasional PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Estate Logas.

Kepala Sekolah SDN 005 Kebun Lado, Desrita mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk para siswa sekaligus sekolah. Sebab, memberikan pembelajaran kepada anak-anak usia dini tentang kebersihan dan kesehatan.

"Kami mencoba kedepan akan mengadakan kegiatan rutin seperti gotong royong serta melatih siswa untuk mencintai kebersihan," katanya.

Manajer estate Logas PT RAPP, Asep Nugraha Budiawan mengatakan tujuan kegiatan ini untuk mengajak peserta (khususnya siswa) mengetahui standar sekolah sehat dan memahami pentingnya kebersihan lingkugan sekolah dalam menunjang proses belajar mengajar. Kerjasama antara komunitas sekolah dan masyarakat serta antar sekolah menciptakan sekolah sehat sebagai bagian dari pendidikan karakter.

"Peserta mampu berkreasi dengan memanfaatkan kembali barang bekas menjadi ragam kerajinan tangan, mampu berbagi pengetahuan tentang kebersihan lingkungan dengan cara yang kreatif dan menarik melalui berbagai media, misalkan poster, panggung boneka, lukisan. Sehingga membuat mereka terpacu untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah," ujarnya.