Pelajari Penyelenggaraan Kerukunan Beragama, Kemenag Kampar Sambangi Kabupaten Lombok Barat

Pekanbaru (Antarariau.com) -  Rombongan pegawai dari Kementerian Agama Kabupaten Kampar melakukan studi banding ke Kantor Kemenag Lombok,  Provinsi Nusa Tenggara Barat, untuk mempelajari tentang suksesnya penyelenggaran kerukunan hidup beragama di daerah itu.

"Kunjungan kerja dimaksud untuk meninjau kondisi riil kerukunan umat beragama yang terbina di Lombok sekaligus  menjalin silaturrahmi dengan Pemerintah Kabupaten Lombok dan keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar Drs H Alfian MAg, dihubungi dari Pekanbaru, Riau, Selasa.

Menurut dia, kerukunan antara golongan beragama adalah merupakan syarat mutlak bagi terwujudnya stabilitas politik dan ekonomi di Kabupaten Kampar.

Dalam kunjungan itu, Alfian didampingi Ketua FKUB Kampar Drs H Zulhermis SH dan rombongan dari Kampar mengikuti dialog lintas agama dengan berbagai kalangan masyarakat dan profesi di Pure Lingsar, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.

"Indonesia adalah salah satu negara yang menerapkan masyarakatnya untuk hidup rukun karena kerukunan merupakan salah satu pilar penting dalam memelihara persatuan dalam NKRI," katanya.

Tanpa kerukunan diantara berbagai suku, agama, ras dan antargolongan maka Bangsa Indonesia akan mudah terancam oleh perpecahan dengan segala akibatnya yang tidak diinginkan.

Selain itu, kerukunan dapat diartikan sebagai kondisi hidup dan kehidupan yang mencerminkan suasana damai, tertib, tenteram, sejahtera, hormat menghormati, harga menghargai, tenggang rasa dan gotong-royong sesuai dengan ajaran agama dan kepribadian Pancasila.