Rokan Hulu Miliki Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan

id rokan hulu, miliki desa, sadar bpjs ketenagakerjaan

Rokan Hulu Miliki Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan

Rokan Hulu (Antarariau.com) - Kabupaten Rokan Hulu kini memiliki Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, kerjasama Pemkab setempat dengan Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

"Penetapan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan komitmen BPJS Ketenagakerjaan, yakni melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya dan meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja serta mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian nasional," kata Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Panam, Wisnu Eko Prihartono, didampingi Kepala Kantor Cabang Pembantu (KCP) Rokan Hulu, Sawir Achmadi, di Rohul, Rabu.

Wisnu menyatakan program ini dilakukan dengan memberikan perlindungan kepada seluruh aparatur dan masyarakat Desa Simpang Harapan dengan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dan menjadikan Desa Simpang Harapan Sebagai percontohan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Rokan Hulu.

Ia mengatakan pembentukan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tersebut bertujuan agar masyarakat mengenal lebih dekat program BPJS Ketenagakerjaan.

"Dengan demikian, akan dapat menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat pekerja formal maupun informal di desa simpang harapan," ujarnya.

Menurut dia dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, berarti melindungi diri sendiri dan keluarga dari risiko yang terjadi.

Sementara itu Bupati Rokan Hulu Suparman mengatakan, Pemerintah Daerah Rokan Hulu sangat terbantu dengan adanya program Jaminan Sosial khususnya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

"Saya sebagai Bupati mengucapkan terima kasih atas terpilihnya Desa Simpang Harapan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial di Kabupaten Rokan Hulu," ujar Suparman.

Ia menyebutkan sebagai bagian dari dukungan terhadap program jaminan sosial ketenagakerjaan, Pemerintah Daerah Rokan Hulu telah mengeluarkan produk hukum berupa Peraturan Bupati tentang Perlindungan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Bagi Seluruh Tenaga Kerja di Kabupaten Rokan Hulu.

Dalam kegiatan ini juga sekaligus diserahkan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada Bupati Rokan Hulu oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Panam Wisnu Eko Prihartono dan diakhiri dengan pemotongan pita peresmian Desa Simpang Harapan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial di Kabupaten Rokan Hulu Riau.