Babak Belur Dihajar Massa, Pencuri Ini Beruntung "Diselamatkan" Polisi

Pekanbaru (Antarariau.com) - Kepolisian Sektor Bukit Raya, Kota Pekanbaru mengamankan seorang pencuri yang dihajar massa setelah tertangkap tangan mencuri mobil di Komplek Pergudangan Central Bisnis, Jalan Soekarno Hatta.

"Satu pelaku melarikan diri dan tidak berhasil ditangkap. Satu pelaku ditangkap dan dibawa ke pos ronda, saat itu warga sudah ramai lalu warga langsung menghakimi pelaku," kata Kepala Polsek Bukitraya Kompol Pribadi melalui Kanit Reskrim AKP Sihol Sitinjak di Pekanbaru, Rabu.

Menurutnya, peristiwa tersebut bermula ketika beberapa warga sedang bertugas sebagai penjaga ronda. Lalu salah seorang, Harry melihat dua orang pria memasuki komplek bisnis itu Rabu (11/10) sekitar pukul 06.30 WIB dengan menggunakan sepeda motor. 

"Karena ada sepeda motor yang masuk, saksi pergi mengeceknya. Sementara empat temannya yang lain tetap berjaga di pos ronda," ujar Sihol.

Warga yang curiga dengan tindakan kedua pria tersebut mengintip dari samping tembok ruko. Terlihat seorang pelaku menunggu di sepeda motor sedangkan pelaku lain berada di samping kanan mobil yang mau dicuri sambil membungkuk.

Melihat hal itu, saksi pun kembali ke pos ronda dan memberitahukan kepada rekannya. Kemudian mereka bersama-sama pergi ke lokasi dan mendapati kedua pelaku sedang beraksi.

"Kedua pelaku langsung terkejut dan berusaha melarikan diri  kearah Jalan Soekarno Hatta. Sementara pelaku yang di atas sepeda motor meninggalkan sepeda motornya," ucapnya.

Petugas ronda mengejar mereka dan berhasil mengamankan salah seorangnya. Pada pelaku tersebut, petugas ronda menemukan sebuah kunci L di kantong celananya yang sudah dimodifikasi. Dia pun dibawa ke pos ronda untuk diamankan sementara menunggu pihak kepolisian datang.

Kanit menjelaskan hingga saat ini kondisi pelaku masih mengalami trauma akibat dihakimi massa. Pelaku sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Riau.