Hati-Hati Dalam Membuat Password, Baca Dulu Tips Berikut

Jakarta (Antarariau.com) - Banyaknya media sosial hingga surel menjadi tantangan untuk mengingat berbagai kata sandi (password). Ini membuat orang cenderung menggunakan kata sandi yang sama untuk sejumlah akun.

Berdasarkan studi terbaru dari Mastercard, hanya tiga diantara lima orang yang menggunakan password yang berbeda untuk akun yang berbeda.

Namun, penggunaan kata sandi yang sama untuk beberapa akun berbeda akan menjadi sebuah masalah apabila seseorang mengetahui salah satu password kita karena mereka bisa langsung mengakses berbagai perangkat dan akun online milik kita.
 
Selain itu, data mengungkapkan bahwa seperlima dari masyarakat menggunakan tanggal ulang tahun mereka, 18 persen menggunakan nama hewan peliharaan mereka, dan 12 persen menggunakan nama keluarga mereka sebagai kata sandi. 

Kata sandi seperti ini relatif mudah ditebak oleh para peretas, kata Mastercard dalam keterangan pers, Rabu (11/10).

Berikut adalah kiat berbagi beberapa tips untuk memilih dan menggunakan kata sandi yang lebih aman:

1. Selalu gunakan kombinasi angka, huruf dan karakter lainnya seperti tanda seru (!)

2. Buat password Anda dalam rangkaian karakter yang panjang – paling tidak delapan karakter, namun idealnya enam belas karakter

3. Sebaiknya tidak gunakan nama, lokasi, nomor telepon ataupun tanggal ulang tahun

4. Gunakan campuran karakter huruf besar dan huruf kecil

5. Jangan gunakan kata-kata dalam Bahasa Inggris – mayoritas hacker memiliki asumsi bahwa password Anda ditulis dalam Bahasa Inggris

6. Jangan biarkan situs-situs yang Anda gunakan untuk mengingat password Anda

7. Gunakan password yang berbeda untuk situs dan perangkat yang berbeda.