100.000 Kue Bolu Beredam Inhu Raih Rekor MURI

id 100000 kue, bolu beredam, inhu raih, rekor muri

100.000 Kue Bolu Beredam Inhu Raih Rekor MURI

Rengat (Antarariau.com) - Kue Bolu berendam asal dari Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, berhasil meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dalam kategori kue terbanyak dan unik serta kerumitan prosesnya.

"Ini prestasi cemerlang dalam mengangkat seni kreatif daerah, dengan jumlah 100.000 buah," kata Wakil Direktur MURI Osmar Semesta Susilo di Rengat, Senin.

Ia mengatakan, penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Wakil Direktur MURI Osmar Semesta Susilo kepada Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto pada acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 47 tingkat Kabupaten Inhu di Desa Kampung Pulau, Kecamatan Rengat.

Penyerahan piagam tersebut disaksikan Forkopimda Inhu, para Pejabat dilingkungan Pemkab Inhu, tokoh masyarakat Inhu yang tinggal di Jakarta, tokoh masyarakat Inhu, tokoh agama, para Ormas dan ribuan masyarakat Inhu.

" Kue khas daerah Inhu Bolu berendam merupakan sajian makanan bolu terbanyak dan merupakan pertama kalinya di Indonesia," sebutnya.

Menurutnya, pemecahan rekor MURI ini sangatlah membanggakan semua pihak, masyarakat dan pemerintah daerah telah membuktikan berhasil meraih prestasi dunia.

" Kami sendiri melihat bagaimana susahnya membuat kue bolu berendam ini dan untuk mengumpulkan 100.000 kue ini sangat sulit," ujarnya.

Atas nama Wakil Direktur Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI), Osmar Semesta Susilo mengesahkan rekor kue bolu berendam terbanyak di Kabupaten Inhu sebagai rekor MURI dengan nomor 8.143.

Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto mengatakan, rekor MURI kategori makanan kue tradisional masyarakat melayu Indragiri Hulu bolu berendam ini baru pertama kalinya di Inhu, bahkan di Indonesia yang khas dan unik.

" Penghargaan ini harus dapat memberikan semangat bagi pengrajin," sebutnya.

Menurut Yopi, kekhasan daerah harus dapat dipertahankan dan dilestarikan, kedepan lebih di tingkatkan lagi dalam segala hal sehingga ciri khas yang dimiliki kue dapat tetap lenggeng, prestasi yang diterima Inhu sangatlah membanggakan semua pihak.

Kue bolu berendam disiapkan dengan memanfaatkan para masyarakat lokal untuk bersama-sama membuatnya, khususnya Desa Kampung Pulau Kecamatan Rengat tempat dimana kue bolu berendam ini berasal, dengan prestasi yang didapat diharapkan bolu berendam semakin dikenal di dunia.