Chevron Resmikan Sembilan Ruang Belajar Baru Sekolah Dasar Siak

id chevron resmikan, sembilan ruang, belajar baru, sekolah dasar siak

Chevron Resmikan Sembilan Ruang Belajar Baru Sekolah Dasar Siak

Minas (Antarariau.com) Hari ini, SKK Migas dan PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) meresmikan pemakaian 9 (sembilan) ruang belajar baru di Sekolah Dasar (SD) 01, 02, dan 03 Minas Barat, Kabupaten Siak. Tambahan ruang belajar ini sangat dinanti-nantikan untuk memperbaiki rasio jumlah siswa dan ruang belajar yang tersedia di ketiga sekolah tersebut. Dengan tambahan ruang belajar yang baru, ketiga SD tersebut sekarang memiliki 33 ruang belajar dengan jumlah siswa sekitar 1.350 orang.

"Manfaatkan ruang belajar yang baru ini sebaik-baiknya untuk membangun kualitas sumber daya manusia di Minas. Melalui pendidikan, kita dapat meletakkan fondasi yang kuat untuk membangun kemandirian masyarakat sehingga kelak kesejahteraan dan kemajuan bangsa dapat tercapai," tutur Bambang Pratesa, VP General Affairs PT CPI, dalam sambutannya pada sebuah acara yang berlangsung di halaman sekolah SD 01, 02, dan 03 Minas Barat. Kesembilan ruang belajar yang baru merupakan hasil dukungan SKK Migas dan PT CPI sebagai wujud komitmen dan kontribusi industri hulu migas terhadap dunia pendidikan.

Acara peresmian terasa istimewa dengan kehadiran Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, MSi dan Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Hanif Rusjdi, serta sejumlah tokoh masyarakat. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Siak Syamsuar yang didampingi oleh Kepala SKK Migas Sumbagut dan VP General Affairs PT CPI. Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan ruang belajar dan dialog dengan para siswa, pengajar dan orang tua.

"Terima kasih atas dukungan SKK Migas dan PT CPI. Pengembangan dunia pendidikan bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga membutuhkan partisipasi dari swasta dan juga kepedulian dari masyarakat sendiri," tutur Syamsuar.

Kepala SD Negeri 01 Minas Barat, Mukhtasar, menjelaskan tambahan ruang belajar sangat membantu para pengajar dalam menjalankan program pendidikan.

"Tadinya kegiatan mengajar dibagi menjadi 3 shift. Sekarang, setelah adanya ruang baru, cukup 2 shift saja. Mudah-mudahan anak-anak lebih nyaman belajar dan mutu pendidikan di Kabupaten Siak meningkat," ujarnya.

Pembangunan ruang belajar baru selesai pada Desember 2016. Penambahan ruang belajar baru tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti papan tulis, penerangan, 5 unit toilet, dan lain-lain.

Lebih lanjut, VP General Affairs PT CPI Bambang Pratesa menjelaskan bahwa kesembilan ruang belajar yang baru merupakan hasil dukungan SKK Migas dan PT CPI sebagai wujud komitmen dan kontribusi industri hulu migas terhadap dunia pendidikan.

"Manfaatkan ruang belajar yang baru diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menimba ilmu demi meraih masa depan yang lebih cerah," ujar Bambang.

Pendidikan, lanjut dia, merupakan salah satu fokus utama PT CPI dalam mengembangkan program-program investasi sosialnya, selain bidang kesehatan dan pemberdayaan ekonomi tempatan. Di bidang pendidikan, PT CPI juga mendukung peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui program vokasi/kejuruan dengan memberikan pelatihan masyarakat di bidang pengelasan, perbaikan alat elektronik, perbaikan otomotif dan keterampilan tata boga.

Program-program pendidikan yang telah dijalankan SKK Migas maupun PT CPI menjadi tonggak sejarah dunia pendidikan di Riau, antara lain:

Pembangunan SMAN 1 Pekanbaru pada 1957 yang merupakan SMA pertama di Riau. Sekolah ini banyak melahirkan tokoh-tokoh di Riau.

Pembangunan Politeknik Caltex Riau (PCR) yang merupakan politeknik pertama di Riau. Lulusan PCR mampu berkiprah di berbagai perusahaan berkelas nasional maupun internasional.

Program Darmasiswa Chevron Riau (DCR) yang setiap tahunnya memberikan beasiswa kepada siswa-siswi terbaik dari kabupaten/kota di Riau untuk melanjutkan ke jenjang kuliah

Beasiswa kepada ribuan pelajar Sakai yang duduk di bangku SD hingga yang mengejar gelar S-2.

Dengan perguruan tinggi, kami memiliki proram University Relationship Program (URP) yang bertujuan meningkatkan akreditasi dan peningkatan kapasitas dosen dan mahasiswa.

PT CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas, atau disingkat SKK Migas. Dengan inovasi dan komitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT CPI Indonesia menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai Chevron di Indonesia dapat diakses melalui www.chevronindonesia.com. (RLS)