Porkesremen Riau Dibuka Langsung Oleh Menteri Kesehatan Djuwita F Moeloek

id porkesremen riau dibuka langsung oleh menteri kesehatan djuwita f moeloek

Porkesremen Riau Dibuka Langsung Oleh Menteri Kesehatan Djuwita F Moeloek

Pekanbaru (Antarariau.com) - Menteri Kesehatan RI Prof Nila Djuwita F Moeloek membuka Pekan Olah Raga dan Kesenian Rehabilitasi Mental (Porkesremen) Nasional dan Jambore Kesehatan Jiwa (Keswa) VI 2017 di Rumah Sakit Jiwa Tampan, Kota Pekanbaru, Jumat pagi.

"Saya kira ini kegiatan yang mengedepankan kegiatan fisik, dimana butuh kemampuan olah fikir dan hati," kata Menteri Kesehatan RI Prof Nila Djuwita F Moeloek di Pekanbaru Jumat.

Nila juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Pemrov Riau yang sudah mempersiapkan pelaksaan Pekan Olah Raga dan Kesenian Rehabilitasi Mental Nasional dan Jambore Kesehatan Jiwa VI 2017 di Pekanbaru.

"Saya berterimakasih walau udara panas tetapi parade kontingen oleh peserta sangat kita diapresiasi. Porkesremen di Riau ini betul-betul kegiatan baik trimakasih kepada Pemprov Riau dan Pekanbaru terutama mendukung kegiatan germas untuk memotivasi diri kita bergerak," tuturnya.

Ia berharap kegiatan ini akan menjalin silahturahmi dan saling berbagi dalam bekerjasama tentang penanganan kesehatan jiwa, ini penting mengangkat harga diri dari rehabilitasi demi peningkatan kepercayaan sehingga menghilangkan stikma di masyarakat.

"Porkesremen dan jambore salah satu upaya mempromosikan kesehatan jiwa di masyarakat, trimakasih Gubernur yang sudah memberikan anggaran tinggi saya titip kepada pejabat untuk menggunakan anggaran dengan baik," tuturnya.

Sementara itu Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman (Andi) menyambut gembira Porkesremen ini dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI Prof Nila Djuwita F Moeloek.

"Kami menyambut baik kedatangan Menteri atas nama pemerintah Riau saya mengucapkan selamat datang di Pekanbaru mudah-mudahan semua sehat, juga kontingen," katanya.

Sementara itu Direktur RSJ Tampah Pekanbaru Hazneli Juita di Pekanbaru, menjelaskan Rumah Sakit Jiwa Tampan Pekanbaru menjadi tuan rumah perhelatan Porkesremen Nasional yang berlangsung 18-21 Oktober 2017.

Bersamaan dengan itu juga dilangsungkan Jambore Kesehatan Jiwa Nasional VI dan Munas Asosiasi Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat Indonesia (Arsawakoi).

"Ini kegiatan nasional yang digelar dua tahunan, kali ini diikuti sekitar 700 orang. Ini surprise karena peserta melebihi perkiraan sebelumnya," ujarnya.

Maksud dilaksanakan Porkesremen adalah memberi ajang sosialisasi serta unjuk kemampuan para rehabilitan dari seluruh Indonesia. Mereka bisa mengaktualisasikan diri sehingga membangkitkan kepercayaan.

"Ini juga jadi wadah informasi kepada masyarakat bahwa orang dengan gangguan jiwa bisa diobati. Jadi jangan diskriminasi. Karena kebiasaan masyarakat kita lebih dari 70 persen aktif menyembunyikan. Bahkan ada yang dipasung. Mereka juga bisa masuk dunia kerja," tegasnya.

Porkesremen kali ini mempertandingkan cabang olahraga seperti bulutangkis, futsal, tenis meja, voli lapangan, dan catur. Untuk cabang lomba ada lomba azan, membaca Alquran, ceramah agama dan Idol.

"Para peserta merupakan campuran yang terdiri rehabilitan dan petugas kesehatan rumah sakit jiwa dari 34 provinsi seluruh Indonesia," pungkasnya.