Jalan Rusak, Rute "Tour de Siak" Hingga Malaka Dibatalkan

id jalan rusak, rute tour, de siak, hingga malaka dibatalkan

Jalan Rusak, Rute "Tour de Siak" Hingga Malaka Dibatalkan

Siak (Antarariau.com) - Rencana Pemerintah Kabupaten Siak untuk memperpanjang rute balap sepeda bertaraf internasional "Tour de Siak" tahun 2017 ini hingga ke negara tetangga, Malaka, Malaysia terpaksa digagalkan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak Fauzi Asni mengatakan, perhelatan "Tour de Siak" yang bakal diselenggarakan pada 29 November- 1 Desember 2017 ini dalam keprihatinan, tidak sama dari tahun lalu, karena menurunnya jumlah etape.

"Menurunnya jumlah etape dari empat etape pada tahun 2016, menjadi tiga etape saja 2017 ini," kata Fauzi Asni, di Siak, Jumat.

Dia mengatakan, etape yang ditiadakan untuk "Tour de Siak" tahun ini adalah rute Siak-Perawang-Siak sepanjang 182,12 kilometer.

Sedangkan tiga etape yang akan menjadi trek pebalap adalah Siak -Dayun -Siak sepanjang 154,18 Km. Kemudian etape Siak-Sungai Apit-Siak sepanjang 115,45 Km dan etape Siak City Race sepanjang 92 Km.

"Ditiadakannya etape Siak-Perawang-Siak sepanjang 182,12 Km karena kondisi jalan pada rute tersebut dalam kondisi rusak, sedangkan kewenangan jalan berada di tangan pemerintah Provinsi Riau. Kita juga tidak bisa memperbaikinya," kata dia.

Saat ditanyakan terkait pelaksanaan yang diundur ke November, dia terangkan, karena menunggu pengesahan APBD-Perubahan 2017 terlebih dahulu, yang tidak terlepas dari masalah keuangan daerah.

Dia juga menyebutkan, rencana memperpanjang rute Tour de Siak ke 10 kabupaten/kota Provinsi Riau bahkan hingga Malaka, Malaysia sesuai MoU yang sudah ditandatangani Gubri tahun lalu, juga belum bisa dilaksanakan.

"Keinginan Tour de Siak 'nyebrang' hingga Malaka juga keinginan Gubernur Riau. Dalam MoU tahun lalu, kita akan melibatkan 10 kabupaten/kota Provinsi Riau kecuali Kepulauan Meranti dan Indragiri Hilir (Inhil) dalam rute Tour de Siak. Namun belum bisa terlaksana tampaknya tahun ini," katanya lagi.

Sebelumnya, pada perhelatan "Tour de Siak" tahun 2016 lalu, Bupati Siak Syamsuar mengatakan kegiatan balap sepeda internasional Tour de Siak, 2017 ini bakal menempuh rute sejumlah kabupaten di wilayah pesisir Riau. Jarak tempuh akan diperpanjang hingga Malaka, Malaysia.