119 Napi Masih Buron, Legislator Riau Desak Polisi Bergerak Cepat

id 119 napi masih buron legislator riau desak polisi bergerak cepat

119 Napi Masih Buron, Legislator Riau Desak Polisi Bergerak Cepat

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Anggota DPRD Riau mendesak pihak kepolisian untuk segera menangkap sisa narapidana yang sampai saat ini masih buron, pasca kaburnya

ratusan napi di Rumah Tahanan Klas IIB Sialang Bungkuk Kota Pekanbaru, beberapa waktu yang lalu.

Anggota DPRD Riau Ilyas HU di Pekanbaru, Jumat meminta aparat kepolisian bergerak cepat mengingat sisa ratusan napi yang berkeliaran meresahkan masyarakat.

"Masih ada ratusan napi buron diluar sana, kita desak Polisi proaktif, bekerja secara efektif sampai mereka semua ditemukan. Jangan terkesan ini dibiarkan," ujar Politisi dari fraksi gabungan Nasdem-Hanura tersebut.

Dikatakannya, Pihak Kepolisian diminta untuk tidak menutup-menutupi penangkapan buronan dalam kasus ini. Harus transparan mengenai jumlah tahanan yang masih kabur ke ranah publik.

"Kita minta mereka terbuka. Kalau dari segi hukum, hukuman mereka masih berjalan. Nantinya

tertangkap, tentu penegak hukum akan menambah masa hukumnnya karena

sudah melarikan diri," tegasnya.

Sementara Kepala Rutan Sialang Bungkuk, Azhar mengatakan pihaknya masih terus melakukan pencarian sisa 119 napi yang buron.

"Ada 119 napi buron yang sampai kini kita terus kejar," ucapnya.

Sebelumnya, pada Mei 2017, 470 tahanan dan napi melarikan diri dari Rutan Sialang Bungkuk. Hingga kini masih sekitar ratusan orang yang masih buron.

Penyebab kabur karena berbagai sebab, salah satunya karena adanya pungutan liar dan pemerasan dilakukan sipir dan kepala keamanan. Oknum kepala keamanan rutan kini sudah ditetapkan sebagai tersangka pungli oleh Polda Riau.