Pemkab Siak Sebut Partisipasi Pemilih Pilkampung Mencapai 80,43 Persen

id pemkab siak, sebut partisipasi, pemilih pilkampung, mencapai 8043 persen

Pemkab Siak Sebut Partisipasi Pemilih Pilkampung Mencapai 80,43 Persen

Siak (Antarariau.com) - Partisipasi para pemilih pada pemilihan kepala Kampung atau penghulu secara serentak di 33 kampung di Kabupaten Siak, Riau, yang dilaksanakan Rabu (18/10) mencapai 80,43 persen.

"Dari hasil rekapan partisipasi pemilih pilkampung sudah lebih baik, tahun ini mencapai 80,43 persen. Itu hasil rata-rata di semua kampung yang menggelar pilkampung," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kampung (DPMPK) Kabupaten Siak, Yurnalis di Siak, Jumat.

Dia mengatakan, total daftar pemilih tetap (DPT) berjumlah 36.791 orang. Sedangkan partisipasi pemilih ada sebanyak 29.563 orang.

Menurut dia, angka 80 persen sudah tergolong baik, dalam artian animo masyarakat dalam menentukan kepala kampung atau mereka sebut dengan penghulu sudah tinggi.

Tingginya partisipasi dari para pemilih ini, menurut dia, tak terlepas dari animo masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam penentuan pimpinan di desanya masing-masing.

Dia juga menambahkan pemilihan kepala kampung (pilkampung) yang dilaksanakan secara serentak ini telah sesuai dengan tata cara yang diatur dalam peraturan tentang pilkades.

"Semuanya dilaksanakan sesuai dengan mekanisme yang ada. Jika ada permasalahan yang timbul saat pilkampung, penyelesaiannya pun harus sesuai dengan prosedur pilkades," katanya.

Dia juga mengatakan, pilkampung yang berlangsung secara serentak di 33 kampung Kabupaten Siak berjalan baik serta aman. Meskipun pada saat perhitungan suara di salah satu kampung terjadi masalah, namun akan diselesaikan melalui Bapekam.

Sebanyak 33 kampung yang akan ikut pesta demokrasi serentak pada tahun 2017 ini diantaranya Kampung Langkai, Kecamatan Siak. Di Sungai Apit ada tiga Kampung yakni Kampung Tanjung Kuras, Kampung Kayu Ara Permai dan Kampung Rawa Mekar Jaya.

Lalu di Kecamatan Kandis diantaranya di Kampung Sungai Godang, Kampung Pecing Bekulo, Kampung adat Bekalar. Kampung Teluk Lancang, Sungai Selodang, Tasik Bisa di Kecamatan Sungai Mandau.

Kemudian Kecamatan Koto Gasib di Kuala Gasib, Buantan 1, Empang Pandan, Sri Gemilang, Tasik Seminai. Pinang Sebatang di Tualang Timur. Dayang Suri, Suak merambai di Bunga Raya.

Kecamatan Dayun di Kampung Teluk Merbau, Kerinci Kiri dan Simpang Perak Jaya yang terletak di Kecamatan Kerinci Kanan. Kampung Sialang Palas, Bandar Pedada, Bandar Sungai, Selat Guntung, Sabak Permai di kecamatan Sabak Auh.

Di Kecamatan Mempura, yakni Kampung Tengah, Teluk Merempan. Kecamatan Pusako Sungai Berbari, Sungai Limau, Pebadaran, Benayah dan Perincit.