Gema Cermat Ajak Masyarakat Siak Teliti Dalam Memilih Obat

id gema cermat, ajak masyarakat, siak teliti, dalam memilih obat

Gema Cermat Ajak Masyarakat Siak Teliti Dalam Memilih Obat

Siak (Antarariau.com) - Apoteker agen perubahan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat atau Gema Cermat meminta masyarakat untuk teliti membaca informasi obat sebelum mengkonsumsi serta menanyakannya kepada petugas terkait komposisi, indikasi, dosis, cara pakai, efek samping seta kontra indikasi.

"Agen Perubahan (Agent of Change) Gema Cermat yang bertugas di masing-masing kecamatan Kabupaten Siak akan memberikan edukasi terkait obat pada masyarakat," kata Apoteker Agen Perubahan Gema Cermat, Meeki Naldi, Senin.

Dia katakan, masyarakat harus diberitahu cara mendapatkan obat yang baik dan benar sebab mulai maraknya penyalahgunaan obat-obatan terutama oleh generasi muda.

"Inilah yang menuntut AoC untuk lebih giat lagi memberikan edukasi ke sekolah-sekolah, atau perkumpulan remaja, agar tidak ada penggunaan obat secara sembarangan," kata dia lagi.

Ketua PKK Kecamatan Kerinci Kanan Putranti Andriyani menilai sosialisasi Gema Cermat tersebut sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat, khususnya bagi ibu rumah tangga.

"Adanya sosialisasi Gema Cermat sangat bermanfaat bagi kami para ibu-ibu awam. Kami jadi tahu bagaimana cara minum obat yang benar, serta membuang obat-obatan yang sudah kedaluarsa," tutur Andriyani.

Kendati demikian, dia berharap tim farmasi dan apoteker, juga memberikan penyuluhan ke kampung-kampung Kabupaten Siak agar masyarakat awam pedalaman bisa lebih cerdas dalam menggunakan obat-obatan.

Program Gema Cermat telah dicanangkan Menteri Kesehatan pada November 2015 untuk mewujudkan keperdulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar.

Dengan harapan, masyarakat tidak lagi mengunakan obat secara sembarangan dengan adanya Gema Cermat serta merubah sikap dan perilaku dalam memilih, mendapatkan, mengunakan obat secara benar.

"Apoteker sebagai tenaga kesehatan yang bertanggung jawab dalam pelayanan kefarmasian terutama pelayanan informasi obat dapat menjadi motivator, edukator, sekaligus menjadi agen perubahan dari Gema Cermat," kata Kepala UPTD Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, Zaiyuszamsari.