24 Persen Dari 6.200 Warga Desa Sontang Terdaftar BPJS Kesehatan

id 24 persen, dari 6200, warga desa, sontang terdaftar, bpjs kesehatan

24 Persen Dari 6.200 Warga Desa Sontang Terdaftar BPJS Kesehatan

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sebanyak 1.466 warga di Desa Sontang Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, kini terintegrasi menjadi peserta BPJS Kesehatan.

"1.466 warga yang telah menjadi peserta JKN-KIS itu merupakan 24 persen dari 6.200 jumlah total warga Desa Sontang, dan ditargetkan sisanya 76 persen lagi akan dipercepat terintegrasi hingga Desember 2018," kata Kepala Desa Sontang Zulfahrianto di Rohul, Senin.

Menurut dia, target tersebut dilakukan untuk menyongsong desa pertama yang bakal mencapai cakupan semesta atau "Universal Health Coverage" (UHC) BPJS Kesehatan untuk Kabupaten Rohul.

Ia mengatakan, sebanyak 1.466 warga yang sudah menjadi peserta JKN-KIS itu tercatat hingga September 2017. Mereka terdaftar ke dalam program Jaminan Kesehatan JKN-KIS sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI), Pekerja Penerima Upah (PPU) dan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Mandiri.

"Ini program Pemerintah dan wajib kita dukung bersama, mayoritas pekerjaan warga memang berasal dari perusahaan, lainnya sebagai petani sawit, namun mereka menilai jaminan kesehatan itu penting karena ketika mereka sakit, mereka tidak lagi perlu khawatir bila ingin berobat," katanya.

Sedangkan untuk mencapai 76 persen lagi sisa warga yang akan mendaftar diupayakan untuk memperkuat sinergisitas dengan pihak-pihak terkait, agar warga yang belum terdaftar dapat dioptimalkan.

Sementara itu, tempat-tempat pendaftaran peserta diupayakan bisa dilakukan di Puskesmas Bonai dan pembayaran premi BPJS Kesehatan dapat dilakukan di BUMDes, hingga pendistribusian kartu (KIS) akan dibantu aparat desa.

"Kita terus berupaya mendukung percepatan pendaftaran peserta baru, dengan target Desa Sontang akan menjadi desa pertama di Kabupaten Rokan Hulu yang telah merealisasikan UHC," kata Zulfahrianto.

Yang dilakukan Desa Sontang diharapkan dapat mendorong desa-desa lain di Kecamatan Bonai Darussalam sehingga cakupan semesta bagi seluruh warga Kecamatan Bonai Darussalam akan tercapai.

Karena itu, untuk mendukung upaya tersebut, dirinya memimpin diskusi melibatkan sejumlah pihak terkait agar bisa segera merealisasikan 100 persen pengintegrasian warga ke JKN-KIS.

Manajemen BPJS Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, seperti disampaikan Bill Clinton menyebutkan bahwa ada tiga peran penting pemerintah daerah dalam mendukung suksesnya program pemerintah yaitu memperluas cakupan kepesertaan, meningkatkan kualitas pelayanan dan peningkatan tingkat kepatuhan.

"Terima kasih atas inisiasi Kepala Desa Sontang menyukseskan program JKN-KIS. Ini akan menjadi langkah pelopor pencapaian UHC bagi Desa Sontang, apalagi penduduk Desa Sontang terbanyak di Kecamatan Bonai Darussalam, mencapai 6.200 jiwa itu," kata Amelia Nila Sari, dari BPJS Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu.