Polres Inhu Kerahkan 435 Personil Amankan Pilkada

id polres inhu, kerahkan 435, personil amankan pilkada

Rengat,1/6(ANTARA)- Kepolisian Sektor Indragiri Hulu (Inhu) mengerahkan 435 personil untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berlangsung pada 3 Juni.

"Personil tersebut tidak hanya dari Polres Inhu tetapi juga dari Polda. Sebanyak 91 anggota diperbantukan dari Polda Riau, baru sisanya dari Polres Inhu," ujar Kapolres Inhu, AKBP Hermansyah, di Rengat, Selasa.

Ia mengatakan pihaknya hanya membantu dalam pengamanannya saja. Para personil ditempatkan sesuai dengan kategori Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Contohnya saja untuk TPS dengan kategori aman satu polisi mengamankan tiga TPS, nantinya polisi akan berkeliling di tiga TPS tersebut.

"Kemudian untuk kategori rawan, satu polisi mengamankan dua TPS dan terakhir kategori rawan sekali maka satu polisi mengamankan satu TPS," katanya.

Hermansyah mengatakan beberapa daerah yang termasuk rawan seperti desa Air Memban dan Datai yang letak geografisnya berada di pedalaman.

Untuk menuju ke daerah tersebut memerlukan waktu tempuh hingga dua hari dua malam dengan menggunakan perahu tempel.

"Selain itu, untuk pengamanan juga dibantu oleh petugas linmas. Kita berharap para personil kita bisa menguasai objek yang diamankan. Dan bisa bekerjasama dengan linmas dalam mengamankan pemilukada," ujarnya.

Untuk mengamankan pemilukada ini, membutuhkan dana hingga Rp2 miliar yang sudah dianggarkan dalam APBD Inhu.

Ia mengharapkan pelaksanaan Pilkada di Inhu dapat berjalan dengan situasi yang kondusif.