KPU Indragiri Hulu Berharap Pilkada Satu Putaran

id kpu indragiri, hulu berharap, pilkada satu putaran

Rengat, 1/6 (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indragiri Hulu Alfian Rachmad di Rengat, Selasa, mengharapkan Pemilihan Umum Kepala Daerah hanya berjalan satu putaran saja, untuk menghemat biaya penyelenggaraan.

"Kita harap pilkada akan berlangsung satu putaran saja. Selain masalah dana, juga mengingat situasi keamanan yang akan terganggu jika memasuki putaran kedua," jelas dia.

Ia mengatakan pada pilkada kali ini, diikuti empat pasangan calon yakni Tengku Razmara/Herawati, Ametribrapradja/Zulfahmi Adrian, Yopie Arianto/Harman Harmaini dan Mujtahid Thalib/Marjohan Yusuf. Keempat pasangan ini dinilai memiliki kekuatan yang sama.

"Jika salah satu pasangan calon ada yang mencapai 30 persen saja, maka kemungkinan besar pilkada akan berlangsung satu putaran saja," ujar Alfian.

Meski mengharapkan satu putaran, pihaknya sudah menganggarkan dana Rp2 miliar untuk pelaksanaan pilkada putaran kedua. Sedangkan untuk pilkada putaran pertama menghabiskan dana Rp10 miliar yang berasal dari APBD Indragiri Hulu tahun 2010.

Kapolres Indragiri Hulu AKBP Hermansyah juga mengharapkan agar pelaksanaan pilkada bisa berjalan satu putaran saja.

"Tapi meski demikian, pihak kepolisian siap mengamankan jalannya pilkada, baik satu putaran maupun dua putaran," jelas dia.