Logistik Pilkada Kepulauan Meranti Mulai Didistribusikan

id logistik pilkada, kepulauan meranti, mulai didistribusikan

Selat Panjang, Riau, 1/6 (ANTARA) - Penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, menyatakan mulai melakukan distribusi logistik pilkada terutama terhadap sejumlah daerah yang sulit dijangkau.

"Terhitung hari ini kami mulai melakukan distribusi logistik pilkada dengan prioritas daerah yang sulit dijangkau dan daerah-daerah pedalaman," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti, Agus Suliadi, di Selat Panjang, Selasa.

Prioritas daerah itu diantaranya tujuh dari 13 desa yang terdapat di Kecamatan Rangsang yang sulit dijangkau baik melalui jalur laut atau jalur darat, kemudian terdpat enam dari 16 desa di Kecamatan Tebing Tinggi.

Menurutnya, logistik Pilkada Kepulauan Meranti yang digelar pada 3 Juni 2010 itu bersamaan tiga daerah lain di Riau yakni Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hulu dan Kota Dumai itu telah dipastikan sampai ke tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) setempat pada Selasa malam.

Sedangkan distribusi di daerah lain yang bisa dijangkau dengan transportasi dilakukan pada H-1 atau 2 Juni 2010 pagi yang semua proses pendistribusian hingga ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dijaga dan dikawal ketat aparat kepolisian setempat.

"Distribusi dari PPS ke masing-masing TPS dilakukan pada hari pelaksanaan pilkada pukul 06.00 WIB dan semua proses pilkada baik pendistribusian, proses pemungutan, penghitungan serta kembali ke PPS dan PPK tak luput dari pengawalan polisi dibantu aparat keamanan lain," ujarnya.

Sebanyak 132.057 orang pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) merupakan penduduk daerah itu akan menggunakan hak suaranya pada 421 titik Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang terdapat pada 73 desa dari lima kecamatan.

Pilkada Kepulauan Meranti diikuti oleh lima pasang calon bupati dan wakil bupati dengan nomor urut 1 pasangan Istsiawati Ayus-Amyurlis yang didukung oleh partai-partai kecil yakni Hanura, PPRN, Barnas, PPI, PKPB, PIS, Pelopor, PMB dan PKNU.

Kemudian pasangan nomor urut 2 Said Hasyim-M Tofikurrohman yang didukung Demokrat, Gerindra dan PBR, lalu nomor urut 3 Irwan-Masrul Kasmy dari dukungan PPP, PPIB, PKS dan PBB, nomor urut 4 Ismaili-Muhammad Adil dari PAN dan PDI Perjuangan serta nomor urut 5 Rosfian-Muhammad Adil yang didukung Golkar dan PKB.

Pilkada Kepulauan Meranti merupakan yang pertama kali dilakukan setelah daerah kepulauan yang termasuk bagian dari Riau itu dimekarkan dari kabupaten induk Bengkalis dengan dasar hukum Undang-undang Nomor 12 tahun 2009.