KPU Inhu Optimis Partisipasi Pemilih Meningkat

id kpu inhu, optimis partisipasi, pemilih meningkat

Rengat, 2/6 (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, optimistis partisipasi pemilih dalam pilkada pada 3 Juni 2010 meningkat dibanding pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden.

"Pada pemilu legislatif dan pilpres, partisipasi pemilih hanya sekitar 70 persen. Untuk pilkada ini, KPUD Inhu optimis partisipasi pemilih mencapai 90 persen," ujar Ketua KPUD Inhu, Alfian Rachmad kepada ANTARA di Rengat, Rabu.

Alfian mengatakan, pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan partisipasi pemilih dengan sosialisasi yang gencar. Selain terkait banyaknya masyarakat Inhu yang enggan menyoblos pada hari pencoblosan, dia mengatakan, hal itu merupakan sikap dari pemilih.

"Kalau golput itu 'kan sikap, tidak bisa dipaksa. Kalau KPU tugasnya bagaimana cara agar masyarakat memilih dengan cara-cara yang benar," kata dia.

Bupati Indragiri Hulu, Mujtahid Thalib juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilih pada hari pencoblosan. Menurut dia, suara yang diberikan masyarakat sangat bermanfaat bagi kemajuan Inhu.

Selain itu, dia juga mengimbau masyarakat untuk selektif dalam memilih pemimpin, agar Inhu tidak terjebak ke dalam krisis seperti krisis moral yang terjadi saat ini.

"Kita minta juga, jangan sampai ada tindakan kecurangan yang terjadi. Misalnya, saja penggelembungan suara, hal itu perlu diantisipasi sekali," ujar dia.

Dalam pilkada kali ini terdapat empat pasang calon yang maju, yakni Tengku Razmara/Herawati, Ametribrapradja/Zulfahmi Adrian, Yopie Arianto/Harman Harmaini dan Mujtahid Thalib/ Marjohan Yusuf.