KPU Indragiri Hulu Optimis Partisipasi Pemilih Meningkat

id kpu indragiri, hulu optimis, partisipasi pemilih meningkat

Rengat, 2/6 (ANTARA)- Komisi Pemilihan Umum Indragiri Hulu optimistis partisipasi pemilih dalam pemilihan umum kepala daerah 3 Juni 2010 meningkat dibandingkan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden.

"Pada pemilihan legislatif dan pemilihan presiden lalu partisipasi pemilih sekitar 70 persen, namun untuk pemilu kepala daerah kami yakin mencapai 90 persen," kata Ketua KPU Indragiri Hulu Alfian Rachmad, di Rengat, Rabu.

Alfian mengatakan pihaknya berupaya semaksimal mungkin meningkatkan partisipasi pemilih dengan melakukan sosialisasi yang gencar kepada masyarakat.

Namun jika dikaitkan dengan sikap politik masyarakat yang enggan memberikan hak suaranya, itu memang tidak bisa dipaksakan karena sudah menjadi pilihan warga sendiri.

"Kalau golput (golongan putih) itu sudah merupakan sikap politik, tidak bisa dipaksa. Kalau KPU tugasnya bagaimana agar masyarakat memilih dengan cara yang benar," katanya.

Bupati Indragiri Hulu Mujtahid Thalib juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan suara.

Menurut dia suara yang diberikan masyarakat akan bermanfaat bagi kemajuan Indragiri Hulu.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk selektif dalam memilih pemimpin sehingga ke depan Indragiri Hulu tidak lagi terjebak dalam krisis termasuk krisis moral.

"Saya juga minta agar dalam, pelaksanaan pemilu kepal daerah tidak terjadi kecurangan, misalnya ada penggelembungan jumlah suara. Ini harus dihindari," katanya.

Pemilu kepala daerah di Indragiri Hulu tahun 2010 akan diikuti empat pasangan calon, yakni Tengku Razmara-Herawati, Ametribrapradja-Zulfahmi Adrian, Yopie Arianto-Harman Harmaini dan Mujtahid Thalib- Marjohan Yusuf.