Yopie-Harman Dipastikan Menang di Pemilukada Inhu

id yopie-harman dipastikan, menang di, pemilukada inhu

Rengat, 6/6 (ANTARA) - Pasangan Yopie Arianto-Harman Harmaini dipastikan memenangi pemilihan kepala daerah Kabupaten Indragiri Hulu yang berlangsung 3 Juni lalu.

Kepastian itu didasarkan pada hasil perhitungan suara dari 14 kecamatan, yang mana Yopie unggul di 10 kecamatan, disusul Mujtahid Thalib-Marjohan Yusuf di tiga kecamatan dan pasangan Tengku Razmara-Herawati di satu kecamatan.

Anggota KPU Indragiri Hulu Ir Hendri A Shaleh, Minggu, mengatakan, hingga Sabtu (5/6) data perolehan suara dari tiap panitia pemilihan kecamatan (PPK) sudah masuk ke KPU sehingga sesuai jadwalm, pada Selasa (8/6) mendatang di Gedung Sejuta Sungkai Rengat akan dilaksanakan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pilkada Kabupaten Indragiri Hulu.

"Dalam rapat pleno rekapitulasi pengitungan suara itu akan disampaikan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang akan dibandingkan dengan jumlah pemilih yang memberikan hak suara. Kemudian dilanjutkan dengan rekapitulasi perolehan suara pada masing-masing PPK," kata Hendri.

Selain itu, rapat itu juga akan membahas masalah yang terjadi selama pelaksanaan Pilkada berupa sanggahan dari sejumlah saksi. Untuk itu dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tersebut akan diundang pasangan calon, tim kampanye pasangan calon, Muspida, Paswa Pilkada, PPK, saksi tingkat kabupaten dan unsur masyarakat.

Data yang masuk dari sejumlah PPK menunjukkan pasangan nomor satu Drs H Tengku Razmara - Herawati meraih 28.382 suara atau 19,36 persen, unggul di Kecamatan Kelayang dan menempati peringkat empat.

Kemudian nomor urut dua Ametribrapradja-Zulfahmi Adrian meraih 28.895 suara atau 19,70 persen, tidak unggul di kecamatan manapun tetapi menempati peringkat tiga.

Pasangan nomor urut tiga Yopi Arianto-Harman Harmini meraih 53.696 suara atau 36,61 persen dan ungggul di 10 Kecamatan. Nomor urut empat pasangan Mujtahid Thalib-Marjohan Yusuf unggul di tiga Kecamatan dan meraih 35.681 suara atau 24,33 persen.