Universitas Malaysia Tawarkan Beasiswa Bagi PNS Riau

id universitas malaysia, tawarkan beasiswa, bagi pns riau

Pekanbaru, 7/6(ANTARA) - Wakil Rektor Universitas Utara Malaysia (UUM), Prof Dr Mustafa Ishak di Pekanbaru, Senin mengatakan pihaknya memberikan beasiswa penuh bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Riau.

"Tujuan dari pemberian beasiswa ini, untuk meningkatkan sumber daya manusia dan daya saing dari PNS itu sendiri, sehingga bisa menghadapi persaingan global," ujar dia.

Nantinya, lanjutnya, beasiswa ini akan diberikan pada satu PNS setiap tahunnya, khususnya bagi satu PNS Riau yang berprestasi dan berkeinginan untuk melanjutkan kuliahnya.

Tak hanya itu, lanjut Ishak, pihaknya juga memberikan beasiswa bagi 10 pelajar Riau berprestasi yang akan kuliah di UUM.

"Beasiswa ini diutamakan bagi mahasiswa yang tidak mampu, namun memiliki kemauan belajar yang tinggi," lanjut Ishak.

Ia menambahkan setiap tahunnya terdapat 30 hingga 40 pelajar Indonesia yang belajar di universitasnya. Namun kebanyakan berasal dari Jakarta dan Solo.

Untuk Riau, kata dia, sangat jarang yang berminat kuliah di UUM dikarenakan kurangnya informasi yang diterima.

"Padahal UUM tidak kalah dengan universitas lainnya yang ada di Malaysia," ujarnya berpromosi.

Menanggapi hal ini, Gubernur Riau, Rusli Zainal, menyambut adanya beasiswa ini baik bagi PNS maupun pelajar Riau. Menurut dia, hal ini sangat bagus untuk pengembangan SDM di Riau kedepannya.

Terlebih Riau mempunyai visi misi pada tahun 2020 mendatang sebagai pusat ekonomi dan kebudayaan Melayu di Asia Tenggara.

"Selain itu juga, Riau memiliki semua potensi untuk mencapai hal itu. Mulai dari kekayaan alam yang melimpah hingga perkebunan, pertanian dan peternakan," tukas Rusli.

Ia mengaku optimis dapat mencapai visi misi tersebut, apalagi adanya kerjasama dengan universitas dari negara lain.