Pemkab Rohil Sambut Wisatawan Bakar Tongkang

id pemkab rohil, sambut wisatawan, bakar tongkang

Rokan Hilir, 10/6 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil), Riau, telah memesan beberapa kamar hotel yang diperuntukkan bagi tamu mancanegara menjelang perayaan ritual bakar tongkang di Kota Bagan Siapiapi Juli mendatang.

"Bagian sekretariat sudah membentuk kepanitiaan untuk persiapan penyediaan sarana dan prasarana penginapan bagi tamu pusat dan provinsi, hal itu untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah pengunjung yang bakal memadati kamar hotel," kata Kabag Humas Rohil, Rustianto, di Rokan Hilir, Kamis.

Berbekal pengalaman tahun lalu, kata dia, jumlah pengunjung yang hadir dalam perayaan ritual bakar tongkang tahun 2010 dipastikan akan mencapai dua kali ditambah para tamu yang berasal dari luar provinsi dan luar negeri, seperti Malaysia, Singapura, Batam, Inggis dan Amerika.

Para tamu yang akan datang diperkirakan kebanyakan adalah warga kota Bagan Siapiapi yang sukses, dan belum termasuk tamu lokal yang berasal dari Pekanbaru serta provinsi tetangga seperti Sumatera Utara, Jambi, Bengkulu dan Jakarta, ujar dia.

"Memang perayaannya masih sekitar dua minggu (26-27 Juli-Red), tetapi kabarnya sudah ada tamu yang memesan kamar hotel melalui telpon, oleh karena itu jauh hari sebelumnya panitia sudah mengantisipasinya dengan harapan tidak mengecewakan tamu pengunjung," terang Jhohan, seorang pemuka masyarakat di Bagan Saipiapi saat dihubungi melalui telepon genggam.

Jhohan menambahkan, sehari sebelum perayaan ritual bakar tongkang dipastikan seluruh kamar hotel di Bagan Siapiapi bakal penuh karena perkiraan jumlah pengunjung akan mencapai puluhan ribu bahkan ratusan ribu.

"Disamping itu para tamu undangan khusus dari Jakarta dan sejumlah pendatang dari mancanegara dipastikan hadir dalam acara perayaan ritual tahunan nanti," ringkas dia.