Rumah Anggota DPRD Kuansing Dibakar Massa

id rumah anggota, dprd kuansing, dibakar massa

Pekanbaru, 10/6 (ANTARA) - Rumah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dibakar massa, yang merupakan buntut dari konflik pembagian hasil kebun kelapa sawit plasma di Desa Cengar Kabupaten Kuantan Singingi (Kansing), Riau.

Informasi yang dihimpun ANTARA, Kamis, rumah yang dibakar warga tersebut milik Jufrizal, anggota DPRD Kabupaten Kuansing dari Partai Gerindra di Desa Cengar Kecamatan Kuantan Mudik. Kejadian tersebut terjadi pada Rabu (9/6) petang.

"Saya hanya bisa pasrah," kata Jufrizal saat dihubungi wartawan.

Sebelumnya, dua warga tertembak, satu diantaranya meninggal dunia, akibat bentrokan antara polisi dengan warga pada Selasa (8/6).

Insiden tersebut merupakan buntut dari ketidakpuasan warga terhadap bagi hasil panen kebun plasma seluas 9.340 hektare (ha) yang dikelola perusahaan KUD Prima Sehati bersama perusahaan perkebunan swasta.

Jufrizal mengatakan tidak ada di lokasi pada saat kejadian terjadi. Seluruh bangunan rumahnya habis terbakar, meski begitu tak ada korban jiwa.

Ia mengaku belum mengetahui alasan pembakaran rumahnya. Namun, ia menduga hal itu disebabkan ia sebagai salah satu keluarga dari pengurus KUD Prima Sehati.

"Untuk sementara saya mengungsikan istri dan kedua anaknya ke lokasi yang aman," ujarnya.

Sementara itu, tokoh pemuda Kuansing, Yose Rizal, mengatakan kejadian tersebut disebabkan warga yang sudah emosi karena pihak kepolisian dan pemerintah setempat lamban menyelesaikan konflik warga dengan KUD.

"Insiden pembakaran ini sangat disesalkan dan saya berharap warga untuk menahan diri," ujarnya.

Kepala Bidang Humas Polda Riau, AKBP Zulkifli, mengatakan kasus pembakaran tersebut masih dalam penyelidikan Polres Kuansing.

"Sejauh ini belum ada tersangka," katanya.

Ia juga mengatakan polisi masih menyelidiki kasus penembakan warga, yang menyebabkan seorang korban meninggal dunia.