Pasangan Irwan-Masrul Langsung Bekerja Usai Dilantik

id pasangan irwan-masrul, langsung bekerja, usai dilantik

Pekanbaru, 14/6 (ANTARA) - Pasangan terpilih dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, Irwan Nasir-Masrul Kasmy, menyatakan mereka akan langsung bekerja usai dilantik menjadi bupati/wakil bupati pada Agustus 2010.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Dewan Penasihat Tim Pemenangan pasangan Irwan-Masrul, Nazaruddin, usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti menetapkan pasangan itu sebagai pemimpin baru Kepulauan Meranti periode 2010-2015.

"Setelah dilantik, maka Irwan dan Masrul tidak larut dalam kemenangan. Melainkan mereka langsung bekerja mewujudkan visi dan misi serta janji yang diucapkan kepada masyarakat ketika berkampanye," ujar Nazaruddin, kepada ANTARA di Pekanbaru, Senin.

Dia menjelaskan, sedikitnya ada lima visi dan misi pasangan nomor urut 3 Pilkada Kepulauan Meranti itu yang dijanjikan kepada masyarakat ,yakni membuat masyarakat tidak lapar dengan menciptakan lapangan kerja baru.

Kemudian yang kedua memberikan kesehatan melalui program yang menyentuh bagi masyarakat yang tidak mampu, lalu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan mengembangkan potensi sumber daya alam.

Selain itu mereka juga berjanji untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif melalui beberapa program seperti pelayanan satu atap bagi pengurusan perizinan usaha, sehingga diharapkan dapat mendatangkan investor ke daerah yang berbatasan langsung dengan perairan Selat Malaka itu.

Data terakhir pemerintah setempat menyebutkan, terdapat sekitar 60 persen dari total jumlah penduduk Kepulauan Meranti tahun 2009 tercatat 216.329 jiwa hidup dalam kondisi yang kurang beruntung dan bergantung dari lapangan kerja di sektor informal.

Padahal, daerah yang dimekarkan dari kabupaten induk yakni Kabupaten Bengkalis pada tahun 2009 itu memiliki berbagi potensi sumber daya alam yang belum digarap maksimal seperti di sektor pertambangan dan energi, kelautan dan perikanan, pertanian dan perkebunan, perdagangan dan industri, serta sektor pariwisata.

"Kemenangan Irwan-Masrul bukan berarti milik mereka, tetapi kemenangan seluruh masyarakat Kepulauan Meranti. Mereka hanya sebagai lokomotif dan semua komponen masyarakat yang ada, mari sama-sama kita wujudkan Meranti ke arah yang lebih baik," ujar Nazaruddin.

Sehari sebelumnya KPU Kepulauan Meranti dalam rapat pleno penetapan calon bupati/wakil bupati terpilih pada Pilkada Kepulauan Meranti di Selat Panjang, Minggu, (13/6), telah menetapkan pasangan nomor urut 3 yakni Irwan-Masrul sebagai pimpinan baru daerah itu.

Pasangan yang diusung PPP, PPIB, PKS dan PBB itu meraih 28.086 suara atau sekitar 32,96 persen dari suara sah dalam Pilkada Kepulauan Meranti yang digelar pada 3 Juni 2010 yang diikuti oleh lima pasangan calon bupati/wakil bupati.