Siswa Gagal UN Terancam Tak Lanjutkan Sekolah

id siswa gagal, un terancam, tak lanjutkan sekolah

Rengat, 15/6 (ANTARA)- Siswa setingkat sekolah menengah pertama yang tidak lulus Ujian Nasional ulang, terancam tidak melanjutkan sekolahnya dikarenakan ujian paket B baru dilaksanakan pada tanggal 29 Juni sedangkan penerimaan siswa baru dimulai pada 28 Juni.

"Begitu juga dengan hasilnya, kita belum memastikan kapan hasil ujian paket B ini diumumkan dan penyerahan ijazahnya," ujar Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hulu Sarmuji, di Rengat, Selasa.

Ia mengatakan biasanya dinas membuat kebijakan dimana siswa yang tidak lulus UN bisa melanjutkan sekolahnya, namun hingga saat ini belum diketahui adanya percepatan ujian paket B tersebut sehingga kemungkinan siswa tersebut terpaksa mengulang pada tahun depan.

"Sebenarnya, jika mengulang pada tahun depan siswa menjadi lebih matang dan bisa mengetahui letak kekurangannya pada tahun lalu," kata dia.

Meski demikian, lanjut dia, ia tidak melarang jika ada siswa yang ingin memilih paket B, agar bisa segera melanjutkan sekolahnya dan tidak menghabiskan waktu setahun mengulang pelajaran.

Di Indragiri Hulu terdapat 28 siswa SMP yang tidak lulus UN ulang, sedangkan untuk provinsi Riau secara keseluruhan terdapat 129 siswa yang tidak lulus UN.