Pemko Pekanbaru Gelar Lomba "Khas Melayu"

id pemko pekanbaru, gelar lomba, khas melayu

Pekanbaru,15/6(ANTARA)- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, Selasa, menggelar lomba "khas Melayu" yang melombakan masakan khas Melayu, hantaran belanja dan kerajinan tangan yang diselenggarakan di halaman kantor Wali Kota Pekanbaru.

Lomba ini tak hanya diikuti sejumlah PKK yang berasal dari 12 Kecamatan tetapi juga pengusaha perhotelan yang ada di Pekanbaru.

"Lomba ini bertujuan untuk melestarikan nilai tradisi Melayu. Jangan sampai nilai-nilai Melayu semakin hilang dan kemudian tenggelam di negerinya sendiri," ujar Wali Kota Pekanbaru, Herman Abdullah, di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan saat ini, banyaknya pendatang yang di Pekanbaru yang membawa nilai-nilai tradisi dari daerah asalnya. Oleh karena itu, perlu adanya antisipasi dari masyarakat Pekanbaru.

"Apalagi penyelenggaraan PON XVIII akan berlangsung pada waktu yang tidak lama lagi. Jadi tak salah, kiranya perlu ditonjolkan nilai Melayu yang ada di negeri ini," katanya.

Menurut dia, penonjolan nilai Melayu ini, nantinya akan menjadi magnet tersendiri untuk menarik pengunjung datang ke Pekanbaru. Jika hal ini terjadi, kata dia, maka akan membuat efek domino bagi perekonomian kota.

"Tidak ada salahnya, jika dari sekarang ditonjolkan nilai-nilai Melayu," tukas dia.

Ketua Pengurus PKK Pekanbaru, Evi Mairoza Herman, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta tradisi Melayu pada masyarakat Pekanbaru.

"Nilai-nilai tradisi perlu terus ditanamkan. Jika tidak demikian maka ditakutkan generasi muda tidak tahu akan budayanya sendiri," ujar Evi.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Pekanbaru, Ondi Sukmara, mengatakan pihaknya sudah mendukung penonjolan nilai Melayu di sejumlah hotel di Pekanbaru.

"Seperti untuk menu sarapan pagi, kita tidak lagi menonjolkan masakan luar tetapi masakan khas Pekanbaru yakni nasi goreng ikan salai. Ini tidak bisa ditemui di daerah lainnya," ujarnya.

Ia mengharapkan dengan adanya kecirikhasan ini akan membuat pengunjung akan semakin meningkat. Dan dapat mendongkrak pariwisata Pekanbaru.