Masyarakat Waspadai Penyalur Selang Gas Konversi

id masyarakat waspadai, penyalur selang, gas konversi

Dumai, 15/6 (ANTARA) - Pemerintah Kota Dumai mengimbau masyarakatnya agar waspada dan tidak terpengaruh dengan pihak-pihak yang mengatas namakan pendistribusi selang gas dengan modus menjual selang gas.

"Belakangan saya mendengar banyak warga yang terkecoh dengan sales mengatasnamakan Pertamina dalam menjual produk selang tabung gas konversi. Hal ini harus diwaspadai karena sudah masuk kedalam daftar penipuan secara tidak langsung," kata Kepala Dinas Perindustrian perdagangan dan Investasi setempat melalui Kabid Perdagangan Kamaruddin di Dumai, Selasa.

Ia mengimbau agar masyarakat selalu waspada segala bentuk dan cara orang-orang yang mengatasnamakan Pertamina untuk mengambil keuntungan dalam program koversi pemerintah tersebut.

Kamaruddin menjelaskan, biasanya masyarakat yang memperoleh paket perdana kompor gas gratis program pemerintah pusat dengan kondisi siap pakai, dan semua kondisi barang sudah melalui uji kelayakan sehingga warga tidak perlu mengkhawatirkannya.

"Hingga kini Disperindag Inves Dumai dan PT Kogas Driyap Konsultan Jakarta atau pihak Pertamina tidak pernah mengeluarkan rekomendasi soal penjualan selang gas kepada pihak manapun untuk mempropagandakan kepada masyarakat, jadi siapa pun yang mengaku dari pemerintah atau perusahaan terkait masyarakat jangan percaya," tuturnya.

Sementara itu, Ir Paulus, pimpinan PT Kogas Driyap Konsultan mengatakan, hingga kini pihaknya tidak pernah merekomendasikan pihak lainnya untuk mensosialisasikan pemakaian kompor gas gratis, apalagi sampai mendukung penjualan aksesoris tabung gas yang ditawarkan kepada warga.

Menyinggung kualitas paket perdana kompor dan tabung gas konversi bantuan pemerintah pusat, tidak perlu diragukan masyarakat.

Menurut dia, mutu barang yang didistribusikan itu sudah teruji dengan Sertifikasi Nasional Indonesia (SNI).