Penduduk Riau Diprediksi Bertambah 1,5 Juta Jiwa

id penduduk riau, diprediksi bertambah, 15 juta jiwa

Pekanbaru, 16/6 (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau memprediksi jumlah penduduk di daerah tersebut bertambah sekitar 1,5 juta jiwa pada tahun 2010.

"Berdasarkan perhitungan sementara pada sensus penduduk, jumlah penduduk Riau diperkirakan bertambah sekitar 1,5 juta jiwa dibandingkan sensus penduduk terakhir pada tahun 2000," kata Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Riau Rufiansyah di Pekanbaru, Rabu.

Menurut dia, BPS memperkirakan jumlah penduduk berdasarkan sensus penduduk tahun ini bisa lebih dari lima juta jiwa. Jumlah tersebut meningkat jauh dibandingkan hasil pelaksanaan sensus penduduk tahun 2000 lalu yang mencatat jumlah penduduk sebanyak 3,5 juta jiwa.

Meski begitu, ia mengatakan BPS masih terus melakukan sensus di daerah yang belum selesai. Ia mengatakan hingga kini masih ada penduduk yang belum terdata.

"Untuk itu BPS kembali memperpanjang masa pencacahan hingga 31 Juni, tapi dari hasil yang sudah bisa dipastikan jumlah penduduk lebih dari lima juta jiwa," ujarnya.

Menurut dia, pertambahan jumlah penduduk di Riau lebih besar dikarenakan migrasi penduduk dari daerah lain.

Sebab, Riau dikenal sebagai daerah yang memiliki pertumbuhan ekonomi cukup tinggi setelah era otonomi daerah sehingga menjadi daya tarik bagi penduduk dari daerah lain.

"Riau menjadi seakan menjadi 'magnet' bagi pendatang khususnya di sektor jasa, pertanian dan perkebunan," ujarnya.