Jumlah Desa Di Riau Terus Bertambah

id jumlah desa, di riau, terus bertambah

Pekanbaru, 16/6 (ANTARA) - Jumlah desa di Provinsi Riau dalam beberapa tahun terakhir terus bertambah seiring dengan pemekaran yang dilakukan pemerintah kabupaten dan DPRD setempat setelah diberlakukan otonomi daerah.

"Saya mendapatkan informasi dari paitia bahwa jumlah kepala desa dan lurah yang mengikuti acara ini sebanyak 1.641 orang," ujar Gubernur Riau Rusli Zainal dalam sambutannya ketika membuka Temu Orientasi Kepala Desa dan Lurah se-Provinsi Riau tahun 2010 di Pekanbaru, Rabu.

Jumlah itu, lanjutnya, menunjukkan terjadi penambahan jumlah desa di Riau dari sebelumnya 1.622 desa dan kelurahan pada akhir tahun 2009, kemudian menjadi 1.639 pada Maret 2010 dan 1.641 desa dan kelurahan pada Juni 2010.

Dia mengigatkan penambahan jumlah desa itu harus diimbangi dengan peningkatan ekonomi masyarakat lokal agar desa yang dimekarkan bisa membawa dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat.

Sebab, data Badan Pusat Statistik (BPS) Riau menunjukkan angka kemiskinan di provinsi itu mengalami tren peningkatan terutama di daerah perkotaan.

Pada tahun 2009 tercacat jumlah penduduk miskin di Riau sekitar 9,48 persen atau sebanyak 527.490 jiwa.

Melalui pertemuan kepala desa dan lurah tahunan di Riau itu, kata dia, diharapkan tercipta kebijakan yang sinergi antara pemerintah pusat, kemudian tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan hingga pemerintahan masyarakat desa.

"Dari sinergi itu, diharapkan pemerintahan tingkat desa bisa mengelola daerahnya dengan baik sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat yang menjadi tujuan utama kita bersama bisa dicapai," ujarnya.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri Paembonan menyatakan, dewasa ini terdapat empat fokus pemberdayaan pusat yang harus dijalankan bagi pemerintahan desa.

Keempat fokus itu yakni pemberdayaan masyarakat bidang politik, kemudian pemberdayaan masyarakat bidang ekonomi, pemberdayaan masyarakat bidang sosial budaya dan pemberdayaan masyarakat di bidang lingkungan hidup, jelasnya.