Pertamina Sediakan Agen Minyak Tanah Nonsubsidi

id pertamina sediakan, agen minyak, tanah nonsubsidi

Pekanbaru, 25/6 (ANTARA) - PT Pertamina menyediakan agen minyak tanah nonsubsidi untuk mengantisipasi penarikan subsidi bagi salah satu jenis bahan bakar minyak itu di Pekanbaru dan Dumai, Provinsi Riau.

"Dari seluruh kabupaten/kota di Riau, baru Pekanbaru dan Dumai yang sudah melakukan program konversi minyak tanah ke gas. Oleh karena itu, subsidi minyak tanah perlahan-lahan mulai ditarik," kata

Sales Reprentatif Bahan Bakar Minyak (BBM) Retail Pertamina Wilayah Riau Gunawan Wibisono di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan saat ini pengurangan subsidi minyak tanah sudah mencapai 70 persen sehingga harga minyak tanah di pasar naik dari harga sebelum subsidi ditarik.

"Saat ini stok minyak tanah masih aman dan tidak ada masalah. Jadi kenaikan harga minyak tanah lebih pada pengurangan subsidi bukan kelangkaan minyak tanah," katanya.

Sejak sebulan yang lalu, harga minyak tanah di Pekanbaru mengalami kenaikan. Jika sebelumnya harga minyak tanah Rp4.000 per liter, saat ini melonjak menjadi Rp7.000 per liter.

Kenaikan harga ini dikeluhkan sejumlah pedagang kaki lima seperti penjual gorengan yang biasa mangkal di depan Mal SKA, Defitra.

Ia mengatakan akibat kenaikan minyak tanah, keuntungannya menurun. "Biasanya untuk setiap gorengan saya bisa mendapatkan untung Rp100, tetapi sekarang berkurang menjadi separuhnya," keluhnya.