ANTARA Riau

logo
  • Home Percepat Pertumbuhan Ekonomi, Perantau Sukses Rohil Diimbau Berinvestasi di Kampung Halaman

Percepat Pertumbuhan Ekonomi, Perantau Sukses Rohil Diimbau Berinvestasi di Kampung Halaman

Dedi Dahmudi
     
Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Para perantau asal Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau yang telah sukses di daerah lain diharapkan berinvestasi di kampung halaman agar percepatan pertumbuhan ekonomi lebih mudah dicapai.

"Saya atas nama Pemkab mengajak kepada seluruh warga Bagansiapiapi dan Rohil umumnya, ketika sukses diluar lebih baik menginvestasikan uangnya di daerah daripada disimpan di bank," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir Surya Arfan saat menghadiri sekaligus meresmikan Hotel Rasa Sayang di Jalan Manggis Bagansiapiapi, Kabupaten Rohil, Senin.

Sekda mengapresiasi kepada pemilik Hotel Rasa Sayang yang telah membangun hotel di daerah itu. Karena menurut dia tidak mudah orang menginvestasikan modalnya ke Rohil.

"Berapa banyak orang kita yang sukses di luar tapi tidak mau membawa uangnya ke Rohil ini. Oleh karenanya, apabila ada warga kita yang mau berinvestasi itu luar biasa," tuturnya.

"Pemilik hotel (Sukisno) ini tinggal di Medan dan merupakan orang asli Bagansiapiapi. Dia merantau keluar kemudian kembali pulang membawa uang kemari, ini sebagai contoh kepada teman-teman perantau lainnya," kata Sekda.

Surya mengemukakan bahwa Kabupaten Rohil memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Untuk di Riau menurut dia, Rohil tidak ada tandingnya.

"Daerah lain memang ada potensi wisatanya. Pelalawan misalnya, yang dibanggakan hanya Bono saja. Di Kuansing, itu hanya Pacu Jalur yang diandalkan. Nah, untuk Rohil ada Pulau Jemur, Bagan Heritage dan Iven Wisata Nasional Bakar Tongkang yang tidak lama lagi digelar," sebut dia.

Ia menjelaskan bahwa Pulau Jemur di Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rohil memiliki pantai, penyu, ikan dan batu-batu yang indah. Namun sayangnya sampai hari ini belum ada satupun investor yang mau menanamkan modalnya ke Pulau tersebut.

"Pak Sukisno, kalau ada teman-teman di Medan punya uang ingin mengembangkan Pulau Jemur kami berikan kemudahan, silahkan. Soal izin kita bantu dengan semudah-mudahnya," kata Surya dihadapan Pemilik Hotel Rasa Sayang.

Sekda kembali mengajak kepada perantau yang telah sukses agar bersama-sama membangun Kabupaten Rohil.

"Membangun dalam bidang apa terserah, tergantung kepada bidangnya masing-masing. Kalau Pak Sukisno, dia berani untuk membangun hotel kita dukung sepenuhnya, malahan kita bantu," katanya pula.

Surya menilai keberadaan hotel di Bagansiapiapi dan Rohil pada umumnya sangat bermanfaat dalam rangka untuk mengembangkan pariwisata didaerah itu.

 "Tentunya pada sisi lain juga kita mengharapkan kepada pihak hotel untuk memberikan pelayanan secara baik," harap Surya.

Bahkan ia juga menawarkan kepada pemilik hotel bagaimana nantinya tiap malam minggu ada hiburan di hotel tersebut.

 "Pesan kami jaga keamanan dan ketertiban. Jangan sampai terjadi praktek-praktek yang ilegal, yang sifatnya penyakit masyarakat, jadi yang bagus-bagus saja, sehingga nanti Bagansiapiapi ini dikenal orang nyaman dan tentunya menginap juga nyaman," ujarnya.

Peresmian Hotel Rasa Sayang itu turut dihadiri Asisten III Pemkab Rohil Muzakkar, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat Bangko Julianda, Kapolsek Bangko Kompol James Rianov Syaloom Rajagukguk, Danramil 01/Bangko Mayor Inf Edi Yanto, serta masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi.***3***


Komentar Anda

Top