ANTARA Riau

logo
  • Home RTRW Sudah Disahkan, DPRD Riau Minta Rel Kereta Api Segera Dibangun

RTRW Sudah Disahkan, DPRD Riau Minta Rel Kereta Api Segera Dibangun

Pekanbaru,  (Antarariau.com) - Pihak DPRD Riau menyebutkan setelah disahkannya peraturan daerah Rencana tata ruang dan wilayah setempat, maka pembangunan rel kereta api trans Sumatera sudah bisa dilanjutkan. 
     
"Sekarang RTRW sudah disahkan, sehingga tidak ada masalah lagi dengan lahan untuk pembangunan rel kereta api. Maka kami minta untuk digegas pembangunannya," kata Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman di Pekanbaru, Selasa. 
     
Politisi Demokrat tersebut menambahkan, untuk bantalan rel kereta api sudah berada di Kota Dumai. Sebelumnya, pemasangan bantalan rel sempat terhenti, karena terkendala pola tata ruang wilayah.
     
"Terkendalanya itu karena lahan untuk pembangunan tersebut berada di kawasan hutan, sehingga harus menunggu selesainya RTRW Riau," papar Legislator asal Pekanbaru itu. 
   
Dikatakannya, rel jalur kereta trans Sumatera akan dilakukan sepanjang 1.400 kilometer ini, merupakan proyek strategis nasional yang tentunya akan berpengaruh besar terhadap perekonomian masyarakat. 
       
Sebagai informasi, Jalur kereta api memanjang dari utara di Rantau Prapat, Sumatera Utara ke arah selatan melewati Riau, Jambi, hingga Kertapati, Sumsel.
     
Sementara, untuk jalur arah barat dihubungkan dari Pekanbaru, Riau ke jalur kereta yang ada di Sumatra Barat hingga pelabuhan Teluk Bayur, Padang.
       
Secara keseluruhan total panjang rel kereta api yang akan diaktifkan lagi di Sumatera saat ini mencapai 1.869 km. Dari jumlah tersebut, sepanjang 1.348 km masih beroperasi, sisanya 512 km tidak beroperasi.
     
 Kereta api trans Sumatera akan dilayani 145 lokomotif dan 1.435 unit kereta untuk mengangkut penumpang 48 juta orang per tahun. ***3***

Komentar Anda

Top