ANTARA Riau

logo
  • Home Alat kelengkapan DPRD Bengkalis, Dua Komisi dan Banmus Alami Perubahan Keanggotaan

Alat kelengkapan DPRD Bengkalis, Dua Komisi dan Banmus Alami Perubahan Keanggotaan

Bengkalis, (Antarariau.com) - DPRD Kabupaten Bengkalis kembali melakukan perubahan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Perubahan itu terjadi pada dua Komisi dan Badan Musyawarah  (Banmus) yang ditetapkan melalui sidang paripurna beberapa waktu yang lalu.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Bengkalis Radius Akima mengatakan bahwa perubahan alat kelengkapan dewan merupakan hal yang biasa terjadi, apa bila ada usulan dari Fraksi yang ada dan setelah diproses dibuatkan Surat Keputusan (SK) dan dibacakan pada sidang paripurna.

Untuk perubahan AKD pada sidang paripurna beberapa waktu yang lalu kata Radius Akima terjadi perubahan pada dua komisi, diantaranya Komisi II dan Komisi IV, selain itu juga pada keanggotaan Banmus.

Untuk perubahan pada Komisi II dan IV tersebut memperhatikan surat dari Fraksi Partai Amanat Nasional  DPRD Bengkalis nomor 005/FPAN/IV/2018 tanggal 19 Februari 2018 dan Surat dari Fraksi Partai Golkar nomor 006/DPRD. F-Golkar/IV/2018 tanggal 02 April 2018.

"Untuk SK perubahan tersebut nomor 08 tahun 2018 tentang perubahan susunan keanggotaan Komisi II dan IV DPRD Bengkalis," ujar Radius.

Untuk dasar terhadap AKD tersebut diantaranya Undang-undang Nomor l2 Tahun 1956 tentang Pembentukan Daerah Otonom Kabupaten Dalam Lingkungan Daerah Provinsi Sumatera Tengah, kemudian Undang-undang Numor 08 Tahun 2012 Tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Lembaran Negara Republk Indonesia Tahun 2012 Nomor 117. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5316).

Untuk dasar hukum lainnya, Radius menjelaskan Undang—undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat. Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (lembaran Negara Republik lndonesia Tahun 2014 Nomor 182. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5568).

Selain itu Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 nomor  244], Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tatum 2010 tentang pedoman penyusunan Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahum 2017 nomor 22, Tambahan Negara Republik Indonesia  Nomor 5104), dan pertauran DPRD Kabupaten Bengkalis nomor 18 tahun 2017 tentang tata tertib DPRD Kabupaten Bengkalis masa jabatan 2014-2019.

"Selain itu dasar yang dipakai Peraturan Pemerintah Indonesia nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan Adminsitratif Pimpinan dan Anggota DPRD serta Keputusan Gubernur Riau Nomor Kpts 564 / VIII/2014 tahun 2014 tentang angota DPRD Bengkalis masa jabatan tahun 2014-2019," jelasnya lagi.

Untuk Komisi II Bidang Pembangunan dan Perekonomian yang beranggotakan  sebanyak 13 orang saat ini terjadi kekosongan pada jabatan Ketua yang sebelumnya dipegang oleh Syahrial, ST yang pindah ke Komisi IV, selain itu Abi Bahrun yang sebelumnya di Komisi I pindah ke komisi II tersebut.

"Untuk Komisi IV hanya terjadi penambahan keanggotaan saja yang di isi oleh Syahrial ST dan Syaukani," ungkapnya lagi.

Berikut Alat Kelengkapan DPRD Bengkalis pada Komisi

Komisi I (Bidang Pemerintahan)
Susianto SR (Ketua), dr. Morison Bationg sihite (wakil Ketua), Pipit Lestari , S.Pd (Sekretaris), Ita Azmi, Fahrul Nizam, ST, Hj Aisyah, H. Asmara, Daud Gultom, Lamhot Nainggolan, Zulkifli.

Komisi II (Bidang Pembangunan Perekonomian Keuangan)
H. Mawardi (Wakil Ketua), H.Zam-Zami (Sekretaris), Hendri S.Ag, Ir. H. Samsu Dalimunte, Rianto, H. abi Bahrun, H.Azmi, SIp, Simon Lumban Gaol, Nur Azmi Hasyim, ST, Adihan, SH, Zamzami Harun, ST, Johan Wahyudi, Safran Fizar.

Komisi III (Bidang Keuangan)
Indrawan Sukmana, ST (Ketua), Firman (Wakil Ketua), H. Jasmani (Sekretaris), Adriyan Pratama Putra, Febriza luwu, Leonardo Marbun, Sihol Pangaribuan dan Sukaddi.

Komisi IV (Bidang Kesejahteraan Sosial dan Sumber Daya Manusia)
Sofyan, S.Pdi (Ketua), Nanang Haryanto, SH (Wakil Ketua), Irmi syakip Arsalan , s.Sos (Sekretaris), Syaukani, Syaiful Ardi, H.Thamrin Mali, Sh, Syahrial, ST, dr.Fidel fuadi, Eddy Budiarto, Fransiska.
Untuk Banmus terjadi penambahan keanggotaan baru yakni Syaukani dari Fraksi PAN Bengkalis dan Banmus ini beranggotakan  sebanyak 23 orang yang dipimpin oleh Abdul Kadir sebagai Ketua.

H. Abdul Kadir, S.Ag (Ketua), H. Indra Gunawan eet, Ph.d, (Wakil Ketua), Zulhelmi, Sh.I (Wakil Ketua), Kaderismanto (Wakil Ketua), Radius Akima, S.Sos, Mt (Sekretaris), H.ZamZami, Sh, Ita Azmi, Syaukani, Syahrial, ST, H. Asmara, Hj. aisyah, sofyan S.Pdi, Febriza Luwu, H.Azmi,,SIP, M.Si, Susianto SR, Eddy Budiarto, Lamhot Nainggolan, Nur Azmi Hasyim, ST,dr. Morison Bationg sihite, H. Mawardi, Jihan Wahyudi, Leonardus Marbun dan Firman.

Selanjutnya, kata Radius untuk Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kabupaten Bengkalis beranggotan sebanyak 11 orang yang diketuai oleh Rianto. " Untuk Badan Pembentukan Peraturan Daerah tidak terjadi perubahan dan masih beranggotakan yang lama," kata Radius.

Berikut susunan Badan Badan Pembentukan Peraturan Daerah
Rianto (Ketua), dr.Fidel fuadi (Wakil Ketua), Radius Akima, S.Sos, Mt (Sekretaris), Nur Azmi Hasyim, Syaiful Ardi, Hendri, S.Ag, M.Si, Ir.H.Samsu Dalimunte, Daud Gultom, Zamzami Harun, Fransisca dan Zulkifli.

Sedangkan untuk Badan kehormatan DPRD Bengkalis, kata Radius masih di Ketuai oleh H. Thamrin Mali, SH, Daud Gultom , M.Th (Wakil Ketua), dan tiga orang anggota diantaranya H. abi Bahrun, SS, M.Si, H.ZamZami, SH dan Safrana Fizar, ST.

Untuk keanggotaan Badan Anggaran (Banggar) sebanyak 23 orang dan tidak terjadi perubahan, dinataranya Abdul Kadir S.Ag (Ketua),H. Indra Gunawan Eet, Ph.d, (Wakil Ketua), Zulhelmi, Sh.I (Wakil Ketua), Kaderismanto (Wakil Ketua), Radius Akima, S.Sos, Mt (Sekretaris). Untuk angota diantaranya, H.Zamzami, SH, Rianto, Syaiful Ardi, Hendri, S.Ag, M.Si, Syahrial, ST, H. Thamrin Mali, SH, H. Azmi, S.Ip,M.Si, H. Abi Bahrun, SS, M.Si, Sofyan , S.Pdi, Simon Lumban Gaol, Indrawan Sukmana, ST, Adihan, SH, Nur Azmi Hasyim, ST, Sukaddi, Irmi Syakip Arsalan, S.Sos, Zulkifli, Pipit Lestari, S.Pd,dan safrana Fizar, ST.

Sedangkan untuk susunan kepengurusan Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Bengkalis juga tidak mengalami perubahan, akan tetapi hanya ada pergantian keanggotaan Frakasi karena ada beberapa anggota DPRD Bengkalis yang melakukan Penggantian Antar Waktu (PAW), diantaranya PAW HEru Wahyudi diantikan Syaukani dari Fraksi Partai Amanat Nasional, FEbriza Luwu dari Fraksi PDI-P Perjuangan dan Firman dari partai PPP yang tergabung di Fraksi Gabungan Negeri Junjungan.

"Untuk  tujuh Fraksi hanya keanggotan yang mengalami perubahan karena ada beberapa anggota dewna yang di PAW," ungkap Radius.

Berikut susunan Frkasi DPRD Bengkalis
1. Fraksi Parta Amanat Nasional (PAN)
Syaukani (Ketua), Andriyan Prama Putra (Wakil Ketua), H.ZamZami (Sekretaris), Anggota diantaranya Abdul KAdir, S.Ag, Fakhrul Nizam, ST, Ita Azmi, Syaiful Ardi dan Rianto.

2. Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar)
Syahrial ,ST (Ketua), Hendri, S.Ag, M.Si (Wakil Ketua), Hj.Aisyah (Sekretaris) dan anggota diantaranya H. Thamril Mali, H. Indra Gunawan Eet, Sihol Pangaribuan, Ir. H.Samsu Dalimunte, H.Asmara.

3. Fraksi Partai KEadilan Sejahtera (PKS)
dr. H.Fidel Fuadi (Ketua), H.Azmi S.Ip, M.Si (Wakil Ketua), H. Abi Bahrun (Sekretaris), dan Anggota Zulhemi, Sh,I, Susianto SR, dan H. JAsmani.

4. Fraksi PDI Perjuangan (PDI-P)
Sofyan , S.Pd.i (Ketua), Daud Gultom (Wakil Ketua), Simon Lumban Gaol (Sekretaris)  dan Anggota Febriza luwu dan KAderismanto.

5. Fraksi Demokrat
Nur Azmi HAsyim, ST (Ketua), Nanang Harianto, SH (Wakil ketua), Sukaddi (Sekretaris) dan dr. Morison Bationg Sihite (anggota).

6. Fraksi Gerindra Geruda Yaksa
Indrawan Sukmana, ST (Ketua), Lamhot Nainggolan (Wakil Ketua), Eddy Budiarto (Sekretaris) dan anggota AdihanSh, Zamzami Harun, ST.
    
7. Fraksi Gabungan Negeri junjungan
Pipit Lesatary, S.Pd (Ketua), Safrana Fizar (Wakil ketua), Irmi Syakip Arsalan, S.Sos (Sekretaris), Anggota diantaranya Leonardus MArbun, H. Mawardi, Firman, Zilkifli, Johan Wahyudi dan Fransisca.

"Perubahan alat kelengkapan dewan ini tergantung usulan dari Fraksi yang ada, namun tetap proporsional sesuai jumlah kursi yang ada," ungkap mantan sekretaris Dishub Bengkalis ini.

Sementara itu Ketua DPRD Bengkalis ABdul KAdir mengharapkan dengan adanya alat kelengkapan DPRD Bengkalis, setiap bidang yang ada dapat menjalankan peranya sesuai Tugas, Pokok dan Fungsi yang ada, salah satunya Fungsi pengawasan merupakan kewenangan dewan untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan PErda dan peraturan lainnya, Pengawasan Pelaksaan APBD, Kebijakan dan kinerja Pemerintah Daerah dalam melaksanakan Pembangunan Daerah.

"Sebagai pilar utama dalam pemerintahan daerah, DPRD perlu lebih responsif denghan memperkuat fungsi pengawasan terhadap pelayanan publik darah," harap Abdul Kadir. (Advertorial)
 

Komentar Anda

Top