ANTARA Riau

logo
  • Home Organda Riau Siagakan 2.235 Armada Lebaran

Organda Riau Siagakan 2.235 Armada Lebaran


Pekanbaru (Antarariau.com) - Ketua DPD Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) Provinsi Riau, Nasir menyebutkan bahwa pihaknya menyediakan 2.235 armada untuk melayani mudik Lebaran 2018.

"Kami memang mengadakan penambahan armada untuk menyambut libur lebaran ini," ucap Nasir Di Pekanbaru, Jumat.

Nasir menjelaskan bahwa jumlah armada tersebut memang lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dimana pada momen lebaran 2017, pihaknya hanya menyiagakan 2.186 armada angkutan darat. Dijelaskannya kemudian bahwa peningkatan tersebut berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya dimana terdapat pemudik yang tidak mendapatkan armada. Kendati pada akhirnnya para calon penumpang tersebut memang diberangkatkan, namun hal tersebut dinilai Nasir adalah hal ayng tidak boleh lagi terulang di 2018.

Lebih jauh Nasir menuturkan bahwa 2.235 armada tersebut terdiri atas AKAP, AJAP, AJDP, Pariwisata, angkutan sewa dan lainnya. Jumlah tersebut berasal dari berbagai perusahaan penyedia armada dengan total 156 perusahaan. Jumlah perusahaan tersebut meningkat lima perusahaan lebih banyak jika dibandingkan tahun lalu yang hanya diikuti 151 perusahaan.

"Memang untuk tahun ini lebih banyak perusahaan yang ikut," imbuhnya.

Nasir menambahkan bahwa dari total 2.235 armada tersebut terdapat 37.233 seat atau tempat duduk untuk penumpang mudik lebaran tahun 2018. Jumlah tersebut tentu meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya mencapai 35.320 seat.

Nasir mengaku bahwa untuk tahun ini pihaknya memang cukup memperhatikan detail dalam segi keamanan dan keselamatan penumpang. Hal ini lantaran pemberlakuan kenaiakan tarif dari berbagai perusahaan transportasi tersebut. Oleh sebab itu dirinya bertekad agar musim mudik kali ini dapat memberikan momen serta pengalaman berharga bagi para pemudik.

Kendati demikian, ia memperkirakan bahwa untuk tahun ini jumlah pemudik yang menggunakan angkutan umum darat akan mengalami penurunan. Pasalnya tren mudik dengan menggunakan kendaraan roda dua untuk mudik sepertinya akan mengalami peningkatan. Kendati demikian, pihaknya akan mengupayakan yang terbaik agar para pemudik tersebut dapat menikmati perjalanan dan sampai di tujuan dengan selamat.

"Walaupun peminatya agak turun, tapi kami akan tetap melakukan yang terbaik," pungkasnya.

Oleh Retmon Bensal Putra


Komentar Anda

Top