ANTARA Riau

logo
  • Home KPU Dumai Memulai Pelipatan 175.918 Surat Suara

KPU Dumai Memulai Pelipatan 175.918 Surat Suara


Dumai, Riau (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai, Riau memulai proses pelipatan surat suara Pemilu Gubernur Riau 27 Juni 2018 sebanyak 175.918 lembar, dengan jumlah petugas seratusan orang dan ditargetkan satu hari selesai.

Divisi Logistik KPU Dumai Kurnia Ningsih, di Dumai, Rabu, mengatakan distribusi logistik Pilgub Riau berupa surat suara sudah diterima pada Selasa (12/6) sebanyak 88 kotak atau sesuai jumlah pemilih tetap ditambah 2,5 persen cadangan per TPS.

"Distribusi surat suara sudah diterima sesuai jadwal dan langsung kami lakukan pelipatan, ditargetkan satu hari selesai," kata Ningsih.

Dia menjelaskan, penyaluran kertas suara untuk Kota Dumai masuk dalam zona 4 bersama sejumlah kabupaten di Riau, yaitu Kuasing, Pelalawan, dan Siak dengan jadwal distribusi dimulai pada 8 Juni 2018.

Tahap pelipatan oleh petugas dibagi 20 kelompok ini dilakukan di gedung KONI setempat, dan langsung dipilah untuk selanjutnya didistribusikan ke 515 tempat pemungutan suara tersebar pada 7 kecamatan dengan 33 kelurahan.

Pelaksanaan Pilgub Riau diikuti lima pasang calon, dan KPU Dumai akan memakai kembali kotak suara pernah digunakan saat pemilu sebelumnya, dengan berbahan alumunium.

"Masih kotak suara lama berbahan alumunium, dan setelah surat dilipat akan langsung disalurkan ke semua tempat pemungutan suara," katanya lagi.

KPU Dumai masih menunggu pengiriman kebutuhan logistik lain dari KPU Provinsi Riau, berupa semua jenis formulir, sampul, hologram dan segel yang diharapkan tiba tepat waktu.

Selain sudah menerima surat suara, logistik tinta juga telah diterima KPU Dumai sebanyak 1.030 buah sesuai kebutuhan, dan setiap TPS nantinya didistribusikan 2 buah.

Jumlah surat suara dicetak untuk Pilgub Riau sesuai pemilih tetap sebanyak 3.622.488 juta jiwa, ditambah 2,5 persen per TPS sebanyak 12.048 tersebar di 12 kabupaten/kota Riau, dan Dumai 171.394 pemilih.

Pilgub Riau 2018 diikuti empat pasangan calon, Syamsuar-Edi Natar nomor urut 1, Lukman Edy-Hardiyanto nomor urut 2, Firdaus-Rusli Ahmad nomor urut 3, dan Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno nomor urut 4.


Komentar Anda

Top