ANTARA Riau

logo
  • Home Hari Pertama Dibuka, 5 Orang ini Daftar jadi Calon DPD di KPU Riau

Hari Pertama Dibuka, 5 Orang ini Daftar jadi Calon DPD di KPU Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sebanyak lima orang bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI pada Pileg 2019 dari daerah pemilihan setempat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau pada hari pertama pembukaan.

"Hari pertama pembukaan pendaftaran bakal calon DPD -RI Senin (9/7) hingga zuhur baru lima nama yang datang mendaftar," kata Komisioner KPU Riau Ilham Yasir di Pekanbaru, Senin.

Ilham Yasir menjelaskan sesuai tahapan pihaknya sudah mengumumkan pembukaan pendaftaran bakal calon DPD-RI dilakukan 9 -11 Juli 2018.

Menurut dia kelima bakal calon DPD -RI yang mendaftar pada hari pertama hingga tengah hari yakni Suradi, Instiawati Ayus, Rizal Akbar, Akhyaruddin, Zahirman Zabir.

Kelima berkas mereka sebut Ilham langsung diterima tim KPU dan diperiksa apakah sudah sesuai dengan syarat yang diminta  untuk dibuatkan berita acara penerimaannya secara sah.

"Dari kelima dokumennya diterima atau TT dan tidak ada yang dikembalikan, " ujar Ilham.

Sementara itu salah satu bakal calon DPD -RI Ahkyaruddin kepada antara mengaku bahwa niatnya maju untuk memperjuangkan program pembangunan Riau di pusat khususnya bidang pariwisata.

Ia yang selama ini bergelut dan memiliki pengalaman di Kementerian Pariwisata berharap jika terpilih bisa memperjuangkan upaya Riau menjadi wilayah kunjungan wisman yang diperhitungkan.

"Saya berniat mengembangkan dan mengabdikan ilmu yang didapat selama ini di kursi DPD -RI untuk Riau, " ujarnya menambahkan.

Perlu diketahui data berhasil dirangkum antara dari KPU Riau higga batas akhir penelitian administrasi perbaikan Bakal Calon DPD-RI didapat 28 calon yang memenuhi syarat untuk mendaftar.

Komisi Pemilihan Umum  Provinsi Riau menyatakan 28 orang bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI  dari daerah pemilihan Riau  dinyatakan memenuhi syarat dukungan minimal.

Awalnya dari 33 warga Riau yang mencalonkan diri saat menyerahkan syarat dukungan minimal 2.000. Setelah dilakukan pengecekan administrasi maka diperoleh 28 nama saja yang memenuhi syarat untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

    ***2***


Komentar Anda

Top