ANTARA Riau

logo
  • Home Lapas Pekanbaru Diberondong Tembakan OTK, Kemenkumham Percayakan Penyelidikan ke Polisi

Lapas Pekanbaru Diberondong Tembakan OTK, Kemenkumham Percayakan Penyelidikan ke Polisi

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Riau mempercayakan proses penyelidikan kasus teror penembakan di Lapas Kelas IIA Pekanbaru ke pihak kepolisian.

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau Muhammad Diah, di Pekanbaru, Senin, mengatakan jajarannya telah berkoordinasi dan siap memberikan bantuan dalam proses penyelidikan teror tersebut.

"Kami telah koordinasi dengan teman-teman kepolisian untuk melakukan penyelidikan. Mudah-mudahan segera ada titik terang," katanya lagi.

Hingga hari ini, tim gabungan Polresta Pekanbaru dan Polda Riau masih terus melakukan olah tempat kejadian perkara. Polisi juga menemukan beberapa bukti baru, berupa serpihan proyektil di sekitar tempat kejadian.

Kemudian, polisi turut memeriksa sejumlah saksi, terutama para petugas yang pada malam penembakan Minggu (8/7) dini hari sedang piket penjagaan.

M Diah memberikan pernyataan pers kepada sejumlah awak media di Lapas Kelas IIA Pekanbaru, setelah menggelar pertemuan tertutup selama kurang lebih tiga jam.

Menurut dia, pertemuan itu dilakukan untuk memberikan motivasi kepada seluruh jajaran Lapas Kelas IIA Pekanbaru untuk tidak perlu gentar dan terus bertugas secara maksimal.

Selain itu, dia juga mengatakan pihaknya turut meminta kepada seluruh petugas agar tetap waspada.

"Kami tidak akan pernah surut melaksanakan tugas," ujarnya lagi.

 Saat disinggung insiden teror penembakan terkait kasus narkoba, Diah tidak menampiknya. Dia mengatakan sulit untuk memisahkan insiden itu dengan peredaran narkoba.

Menurut dia, pada awal Juli 2018 ini memang ada pemindahan terpidana narkoba kelas kakap dari Rutan Rengat ke Lapas Pekanbaru. Kemudian, jajarannya juga berhasil menggagalkan penyelundupan sabu-sabu ke dalam lapas yang dilakukan oleh seorang koki.

"Kejadian ini bisa saja ada kaitannya dengan narkoba. Namun kita menunggu hasil penyelidikan teman-teman kepolisian," katanya lagi.

Lapas Kelas IIA Gobah, Kota Pekanbaru diberondong lima tembakan oleh orang tidak dikenal pada Minggu (8/7) dini hari. Insiden penembakan tersebut terjadi dua kali.

Pertama terjadi pada pukul 03.30 WIB dini hari, sedangkan penembakan kedua terjadi pada pukul 04.00 WIB atau selang setengah jam kemudian. Tidak ada korban jiwa dalam insiden teror tersebut.

Tembakan pertama terjadi pukul setengah empat pagi. Ada tembakan sekali. Setengah jam berikutnya ada empat tembakan beruntun.***2***


Komentar Anda

Top