ANTARA Riau

logo
  • Home Disperindag Pekanbaru Cek Izin Jual Miras 2 Swalayan ini, Hasilnya Beda

Disperindag Pekanbaru Cek Izin Jual Miras 2 Swalayan ini, Hasilnya Beda

Retmon Bensal Putra
   
Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru menyidak sejumlah tempat usaha berupa swalayan dan gerai makanan terkait izin edar minuman keras yang dijual di lokasi tersebut.

"Kali ini kami monitoring sejumlah tempat usaha yang menjual miras," ucap Kepala Disperindag Pekanbaru melalui Kepala Bidang Perdagangan Juarman, Selasa.

Juarman menjelaskan bahwa kegiatan tersebut memang difokuskan pada izin serta kadar alkohol dari berbagai minuman keras yang di jual di berbagai swalayan. Salah satunya ialah Planet Swalayan yang berada di Jalan Kaharudin Nasution Pekanbaru.

Ditempat tersebut pihak Disperindag menemukan sejumlah miras golongan A yang dijual bebas. Namun setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, ternyata pihak pengelola swalayan tersebut memang mengantongi Surat Keterangan Pengecer miras Golongan A.

Kendati demikian, pihak Disperindag tetap memberikan teguran lantaran pengelola swalayan tersebut tidak melakukan pelaporan soal pejualan minuman beralkohol pertriwulan.

Pemberian teguran tersebut dinilai perlu dilakukan lantaran pihak pengelola dinilai lalai terhadap kewajiban mereka. Surat teguran tersebut dikatakan Juarman berlaku selama 14 hari kerja, dan apabila tidak diperdulikan maka akan ada tindakan tegas yang nantinya akan diberikan terhadap swalayan tersebut.

"Kita hanya memberikan teguran. Ini berupa peringatan. Kalau tidak juga dilaksanakan maka akan ada tindakan tegas berupa penutupan tempat usaha," imbuhnya.

Kendati demikian dijelaskan Juarman bahwa pemberian tindakan tegas berupa penutupan tempat usaha yang dinilai membandel tersebut tentu harus melalui mekanisme yang telah ditetapkan sebelumnya. Tindakan tegas tersebut adalah langkah final yang diambil oleh pihak Pemko Pekanbaru terhadap tempat usaha yang telah melewati batas.

Tim tersebut selanjutnya bergerak ke Jalan Durian Pekanbaru, tepatnya gerai makanan Yummy 88 yang juga kedapatan menjual miras. Berbeda dengan Planet Swalayan, di tempat kedua tersebut pihak pengelola ternyata tidak memiliki izin untuk menjual miras. Dari keterangan pemilik usaha mengaku bahwa dirinya tidak mengetahui soal keharusan izin menjual miras dari gerai makannya tersebut.

Willy sang pemilik gerai makan tersebut berdalih bahwa miras yang dijual di tempat tersebut merupakan titipan dari sponsor. Lebih jauh ia mengaku bahwa dirinya akan segera meminta pihak sponsor untuk mengurus izin jual miras tersebut.

Di tempat tersebut pihak Disperindag juga memberikan surat teguran kepada pemilik gerai tanpa melakukan penyitaan terhadap miras. Pasalnya dikatakan Juarman bahwa kegiatan tersebut masih sebatas sidak dan memberikan peringatan tertulis kepada pemilik ataupun pengelola tempat usaha.

Ia berharap agar berbagai tempat usaha maupun swalayan lain yang ada di Kota Pekanbaru untuk mengikuti aturan yang telah ditentukan sebelumnya oleh Pemerintah.***4***


Komentar Anda

Top