ANTARA Riau

logo
  • Home Mahasiswa PCR Bangun Satu Website Info Publik Riau Dirangkum dari Berbagai Media Sosial

Mahasiswa PCR Bangun Satu Website Info Publik Riau Dirangkum dari Berbagai Media Sosial

Pekanbaru, 11/7 (Antara)  Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Politeknik Caltex Riau (PCR) membangun situs informasi publik untuk Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Riau yang dihimpun dari berbagai media sosial organisasi perangkat daerah setempat untuk dirangkum menjadi satu.  

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Riau, Erisman Yahya di Pekanbaru, Rabu mengatakan bahwa situs itu merupakan hasil dari proyek kerja praktek tiga mahasiswa. Ketiganya Agustian, Gessyana, dan Yonhardio Putra membuat situs ini untuk Diskominfo Riau.

"Situs Info Publik Riau dibuat dengan tujuan untuk menampilkan informasi setiap kegiatan Pemprov Riau dalam bentuk satu situs. Informasi kegiatan publik yang ditampilkan tersebut diambil dari media sosial pemerintah dan juga nantinya bisa dijadikan alat publikasi untuk pemerintah daerah kabupaten/kota," .

Situs ini, lanjutnya dapat menampilkan informasi kegiatan publik yang terkoneksi langsung dari media sosial. Diantaranya Facebook, Youtube dan Media Center Riau.

Erisman menambahkan situs ini juga bisa dikembangkan untuk dibuat dalam bentuk aplikasi android. Selain itu, kedepannya pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Riau juga dapat berpartisipasi menggunakannya sehingga publikasi bisa diakses dalam satu halaman saja.

"Situs Info Publik Riau ini juga dijadikan satu dari tiga proyek perubahan terpilih yang akan diajukan PP SDM ke Pemprov Riau dan rencananya akan dipresentasikan di Lembaga Administrasi Negera (LAN) di Jakarta," tambahnya.

Kepala Seksi Diseminasi Informasi Diskominfo sekaligus Pembimbing Kerja Praktek tiga mahasiswa itu P. Pancasilawati menilai mahasiswa PCR kreatif dalam bekerja. Menurutnya situs yang dibangun dapat memberikan kontribusi bermanfaat bagi diskominfo khususnya.

"Proyek yang dibuat oleh mahasiswa PCR ini sangat bermanfaat dan membantu pekerjaan kami disini. Mahasiswa PCR juga kreatif dan harapannya kerjasama ini bisa terus berlanjut," ungkapnya.

Salah satu mahasiswa itu, Agustian mengatakan bahwa situs ini perlu pengembangan lebih lanjut dengan menggunakan media sosial lainnya. Seperti Instagram dan twitter serta jika bisa lebih kompleks menampilkan data analisis.***4***


Komentar Anda

Top