ANTARA Riau

logo
  • Home KSOP Dumai: Tambah Trip Keberangkatan Jika Penumpang Melonjak, Jangan Muatan Kapal Dilebihkan

KSOP Dumai: Tambah Trip Keberangkatan Jika Penumpang Melonjak, Jangan Muatan Kapal Dilebihkan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Klas I Dumai, Riau, Sanggam Marihot meminta pengelola pelabuhan penyeberangan roro Dumai-Tanjung Kapal menambah trip kapal jika jumlah penumpang melonjak.

"Kalau muatan tidak sesuai kapasitas, tidak kami keluarkan izin kapal untuk berlayar. Karena itu pengelola diminta untuk menambah trip jika ada lonjakan penumpang," katanya di Fumai, Kamis.

Ia mengatakan, syahbandar akan menegakkan peraturan untuk kepentingan keselamatan penumpang, dan pengelola pelabuhan harus membenahi tata pelayanan dengan tidak mengangkut muatan lampaui kapasitas.   
   
KSOP juga sudah membahas pembenahan pelayanan pelabuhan penyeberangan roro Dumai-Tanjung Kapal Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, di Kelurahan Purnama Dumai dengan menggelar pertemuan tertutup bersama lintas instansi terkait pada Rabu (11/7).

Pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam ini membahas sistem pelayanan pelabuhan penyeberangan roro itu, dan disimpulkan semua pihak terkait sepakat untuk membenahi layanan pada muatan, baik orang maupun kendaraan.

"Disepakati bahwa pengelola mengutamakan keselamatan dan keamanan para penumpang dan kendaraan sesuai kapasitas kapal," sebutnya.

Menurutnya, penumpukan penumpang bisa dihindari jika pengelola pelayanan roro mengangkut penumpang sesuai sertifikat keselamatan berlayar yang diterbitkan syahbandar.

Dia mengatakan, tidak ingin ada lagi kapal mengangkut penumpang dan barang melebihi kapasitas, seperti kejadian pada akhir pekan lalu ditemukan jumlah muatan berlebih dan dapat membahayakan keselamatan penumpang.

Sementara itu, Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Penyeberangan Wilayah II Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Riau berjanji akan membenahi layanan di pelabuhan roro untuk membeikan kenyamanan dan menjamin keselamatan pemumpang.

Selain itu, juga akan membenahi sistem pembelian tiket  sesuai kapasitas kapal dan penjualan satu pintu untuk mengantisipasi oknum petugas di lapangan.

"Kami akan menjual tiket sesuai kapasitas," kata Kepala UPT Pelabuhan Penyeberangan Wilayah II Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Riau Yasril kepada pers.

 Saat ini pengangkutan penyeberangan roro Dumai-Rupat dilayani dua kapal yaitu KMP Kakap dan KMP Swarna Dharma dengan enam trip tiap kapal, dan direncanakan menambah trip untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

Pada Sabtu (7/7) petugas syahbandar Dumai menunda keberangkatan KMP Kakap karena jumlah penumpang melebihi kapasitas.

"Kapal tidak boleh membawa penumpang melebihi kapasitas, dan selama ini kami akui selalu membludak, ke depan akan ditegaskan lagi muatan harus sesuai ketentuan," kata Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Dumai Yuzirwan kepada pers. ***1***


Komentar Anda

Top