ANTARA Riau

logo
  • Home Sambut Kedatangan Ustadz Abdul Somad, Lalu Lintas di Bengkalis Akan Direkayasa

Sambut Kedatangan Ustadz Abdul Somad, Lalu Lintas di Bengkalis Akan Direkayasa

Alfisnardo
   
Bengkalis, (Antarariau.com) - Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Bengkalis, Riau, memberlakukan sistem rekayasa lalu lintas menyambuat kedatangan Ustadz Abdul Somad (UAS) guna mengantisipasi kemacetan terkait kedatangan ribuan masyarakat menyaksikan cermah  di Lapangan Tugu.

"Kita akan melakukan rekayasa lalu lintas, sekaligus menetapkan lokasi parkir bagi ribuan masyarakat yang bakal mendengarkan isi ceramah UAS di Lapangan Tugu Bengkalis," ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Bengkalis, Djoko Edi Imhar melalui Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan, Ngawidi di Bengkalis.

Dikatakannya, kehadiran UAS di Kota Bengkalis, 16 Juli 2018 bakal mengisi tabligh akbar rangkaian peringatan ke-506 Hari Jadi Bengkalis.

Guna menghindari terjadinya kemacetan kendaraan dan tidak teraturnya sirkulasi lalu lintas, dilakukan sistem penerapan jalan satu arah mulai  pukul 18.00 WIB sampai selesainya acara.

"Untuk memperlancar acara, sistem rekayasa lalu lintas akan diterapkan dengan metode loket (penutupan jalan) serta pengalihan arus lalu lintas di beberapa lokasi jalan," ungkap Ngawidi.                                      
   
 Adapun rekayasa jalan tersebut, kata Ngawidi meliputi Jalan Jenderal Sudirman satu arah dari arah Sungai Bengkel kearah Lapangan Tugu. Jalan Hasanuddin satu arah dari arah Jalan Diponegoro menuju Kantor Bea dan Cukai.

Kemudian Jalan Pahlawan satu arah dari Kantor Imigrasi menuju Jalan Cokroaminoto. Jalan Harapan satu arah dari Jalan Jenderal Sudirman menuju Jalan Pahlawan.

Selanjutnya, Jalan Kartini satu arah dari arah Jalan Jenderal Sudirman menuju Jalan Sri Pulau. Jalan Yos Sudarso satu arah dari Kantor Imigrasi menuju arah Sungai Arang, Jalan Pelabuhan Bandar Sri Laksamana (BSL) masuk dari Air Mancur menuju Sungai Bengkel.

Dari Jalan Ahmad Yani dari Hotel Panorama menuju Kantor Imigrasi. Jalan Jenderal Sudirman, Pasar Sukaramai dari arah sungai arang ke kantor Bea Cukai.

 "Jalan Kurau dan Jalan Tenggiri dari arah arah Jalan Yos Sudarso ke arah Jalan Jenderal Sudirman. Jalan Teuku Umar dari arah Jalan Dipnonegoro ke Jalan Jenderal Sudirman," jelasnya.

Dijelaskan Ngawidi, untuk lokasi parkir, berada di beberapa titik dengan sistem pembagian zonasi, yakni lokasi parkir VIP di Jalan Perwira tepatnya belakang Lapangan Tugu, diperuntukan untuk Bupati Bengkalis, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan tamu-tamu undangan lainnya, lokasinya.

Kemudian, lokasi parkir untuk kendaraan roda empat alias mobil, ditetapkan sejumlah titik (seperti dalam denah), yakni Jalan Jenderal Sudirman (setelah lampu merah hingga persimpangan Jalan Kartini), Jalan Pahlawan, Jalan Kartini, Jalan Pelabuhan Bandar Sri Laksamana, Jalan Ahmad Yani, Jalan Hasanuddin, Jalan Yos Sudarso.

Sementara itu, kendaraan roda dua, juga telah ditetapkan ditetapkan lokasi parkir khusus, yakni Jalan Ahmad Yani (depan Dinas Damkar), kantor Dinas Damkar dan BPBD (cadangan), halaman Taman Air Mancur, Pelabuhan Bandar Sri Laksamana.

  "Tidak hanya itu, panitia juga tidak mengabaikan lokasi untuk pedagang untuk mengais rezeki dari perhelatan Takbir Akbar UAS. Tepatnya, Jalan Perwira depan Gedung Daerah Non Operasional atau samping Lapangan Tugu dan halaman air mancur, dan parkir tidak dipungut biaya, " kata Ngawidi.***4***


Komentar Anda

Top