ANTARA Riau

logo
  • Home Biaya Daftar Ulang Beratkan Wali Murid

Biaya Daftar Ulang Beratkan Wali Murid

Pekanbaru,12/7(ANTARA)- Biaya daftar ulang di sejumlah sekolah negeri di Pekanbaru memberatkan wali murid.


Seperti yang diungkapkan salah seorang wali murid, Yarni Wati, saat ditemui di Pekanbaru, Senin, mengatakan, anaknya yang bersekolah di SMAN 12 Pekanbaru harus membayar uang daftar ulang sebesar Rp220 ribu.


"Biaya daftar ulang sebesar Rp220 ribu. Dan harus dibayar, kalau tidak dibayar maka anak tidak akan mengetahui di kelas mana dia ditempatkan," ujarnya.


Ia mengatakan hal ini tentu saja memberatkan wali murid. Pasalnya tidak semua wali murid dikategorikan mampu.


"Contohnya saja, saya yang bekerja serabutan untuk membiayai sekolah. Uang sebesar itu besar bagi saya," kata dia.


Pernyataan serupa juga diungkapkan Amini juga wali murid yang mengaku heran kenapa ada biaya daftar ulang untuk anaknya yang sedang sekolah di SMAN 6 Pekanbaru naik ke kelas dua.


"Saat kuliah dulu wajarlah ada daftar ulang per semester baru. Ini anak yang naik kelas kemudian mau masuk ke kelas baru harus pula dipungut uang daftar ulang," katanya.


Ia mengaku tidak tahu atas kebijakan daftar ulang itu dan merasa sangat heran apa dasar kebijakannya.


Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 12 Pekanbaru, Suprapto, mengatakan uang tersebut merupakan uang komite yang dibayarkan dua bulan sekaligus.


"Uang daftar ulang itu sebetulnya untuk pembayaran uang komite selama dua bulan yakni Juli dan Agustus," kata dia.


Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Yuzamri Yakub, mengatakan bahwa daftar ulang tidak dipaksakan, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu.


"Pembayarannya, tidak dipaksakan. Pihak Dinas Pendidikan sudah meminta pada pihak sekolah untuk memberikan keringanan selama sebulan untuk mencicilnya," ujarnya.

Komentar Anda

Top