ANTARA Riau

logo
  • Home BNPB Kembali Ingatkan Riau Cegah Kabut Asap

BNPB Kembali Ingatkan Riau Cegah Kabut Asap


Pekanbaru (Antarariau.com) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana kembali mengingatkan Pemerintah Provinsi Riau untuk fokus dalam melakukan pencegahan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

"Pastikan tidak ada asap. Asian Games harus sukses," kata Sekretaris Utama BNPB Dody Ruswandi di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan Provinsi Riau merupakan wilayah yang strategis, berada di tengah-tengah Pulau Sumatera sehingga apabila terjadi bencana kabut asap, dengan mudah menyebar ke sejumlah provinsi tetangga, bahkan lintas negara.

Pihaknya terus memberikan pendampingan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau untuk terus melakukan penanggulangan karhutla sedini mungkin.

Ia menjelaskan sejauh ini BPBD Riau cukup berhasil mengatasi karhutla hingga tidak lagi terjadi bencana kabut asap. Sebelumnya, kabut asap menjadi bencana langganan di daerah itu setiap tahun.

Di Riau, BNPB telah mengerahkan enam helikopter pengebom air guna mengatasi karhutla. Helikopter raksasa jenis Sikorsky dan Kamov juga dikerahkan ke provinsi tetangga yang rawan karhutla, seperti Jambi dan Sumatera Selatan.

Setiap tahun, BNPB menangani enam provinsi rawan karhutla. Di Sumatera, selain Riau terdapat Jambi dan Sumatera Selatan yang rawan karhutla.

"Di Riau ada enam helikopter. Kalau di Sumsel lebih banyak, 10 helikopter. Tapi rata-rata lima hingga enam helikopter untuk enam provinsi rawan," tuturnya.

Ia juga mengingatkan setiap kepala pelaksana BPBD menjalin komunikasi dan terus meningkatkan koordinasi antarinstansi guna penanganan dan antisipasi karhutla.

"Koordinasi sudah sangat baik. Saya apresiasi teman-teman daerah yang telah bekerja maksimal," ujarnya.

Kepala BPBD Riau Edwar Sanger menegaskan upaya penanggulangan karhutla di wilayah itu terus dilakukan.

Meskipun saat ini musim kemarau, wilayah Riau minim karhutla.

"Kita lihat beberapa minggu terakhir, alhamdulillah tidak terjadi kebakaran. Insyaallah kita pertahankan terus," kata dia.


Komentar Anda

Top