ANTARA Riau

logo
  • Home KPU Dumai Masih Belum Mendapatkan Masukan Dan Tanggapan Masyarakat Terhadap 413 DCS DPRD

KPU Dumai Masih Belum Mendapatkan Masukan Dan Tanggapan Masyarakat Terhadap 413 DCS DPRD

Dumai, Riau,  (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Kota Dumai Riau masih nihil menerima masukan atau tanggapan dari masyarakat terhadap 413 daftar calon sementara anggota DPRD yang sudah diumumkan pada 12 Agustus 2018.

Divisi Teknis KPU Dumai Edi Indra menyebut, masa tanggapan/masukan sudah dibuka KPU sejak diumumkan bacaleg dari 15 partai politik untuk Pemilu Legislatif 2019 hingga 21 Agustus 2018, namun hingga kini belum ada masuk laporan.

"Belum ada masuk tanggapan dari masyarakat baik yang resmi atau sekedar lewat telepon, namun kita masih berharap atau menunggu hingga selasa besok," kata Edi, Senin.

Dikatakan dia, penetapan bacaleg masuk DCS sudah diumumkan KPU secara meluas pada masyarakat lewat media massa cetak dan elektronik serta pengumuman di kantor pemerintahan.

Masih nihil atau tidak ada masuk tanggapan hingga waktu berakhir, dianggap KPU bahwa bacaleg Dumai tidak ada persoalan dan akan dilanjut tahap penyusunan dan penetapan daftar calon tetap.

"Sosialisasi sudah dan kita akan lanjut tahapan penyusunan dan penetapan daftar calon tetap diumumkan september depan," sebutnya.

Tahap masukan dari masyarakat ini sangat diperlukan untuk mengetahui bagaimana sesungguhnya latar belakang bakal caleg, apakah pernah melakukan tindakan pelanggaran hukum.

Setelah tahapan masukan dari masyarakat tersebut, pada 22 hingga 28 Agustus KPU meminta klarifikasi ke parpol, dan 29 sampai dengan 31 Agustus parpol memberi jawaban.

Bakal caleg Pemilu Legislatif 2019 di Kota Dumai terdiri 253 laki laki dan dan 160 perempuan, dengan persentase keterwakilan perempuan sebesar 38,74 persen.

KPU Dumai telah menetapkan daftar pemilih sementara untuk Pemilu 2019 sebanyak 175.766 orang, dibagi empat daerah pemilihan, 840 tempat pemungutan suara tersebar di 33 kelurahan dan tujuh kecamatan.

Pemilih sementara Dumai terdiri laki-laki sebanyak 89.421 orang dan perempuan 86.345 orang, ditambah 171.394 daftar pemilih tetap Pemilihan Gubernur Riau 2018 dan 4.372 pemilih pemula.

Komentar Anda

Top