ANTARA Riau

logo
  • Home Camat Diminta Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2019

Camat Diminta Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2019


Siak (Antarariau.com) - Seluruh camat dan penghulu (kepala desa) di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, diminta mulai menyosialisasikan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

"Saya minta camat dan penghulu itu mulai menyosialisasikan tahapan pemilu dan mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya. Mereka adalah ujung tombak karena bersentuhan langsung dengan masyarakat," ujar Bupati Siak Syamsuar saat menggelar rapat sinkronisasi penyelenggara pemerintah bersama organisasi perangkat daerah (OPD) di Siak, Kamis.

Sekain menyosialisasikan  pemilu,  para camat hendaknya juga mengajak masyarakat untuk tidak terpancing oleh isu-isu yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan, serta berhati-hati terhadap pemberitaan yang menimbulkan keresahan melalui media sosial.

Dikatakannya, camat dan penghulu dapat membantu KPU Siak untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya serta menciptakan suasana pemilu yang damai, aman dan kondusif.

"Tahun depan itu ada pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif. Pemilu itu tidak hanya tanggung jawab KPU untuk menyukseskannya, tetapi kita bersama," katanya.

Menurutnya, salah satu indikator paling mendasar dari keberhasilan dan kualitas pelaksanaan penyelenggaraan pemilu yang demokratis adalah adanya keterlibatan masyarakat secara aktif dalam proses pemilu.

"Khususnya dalam pengawasan atau pemantauan pemilu. Untuk itu dibutuhkan peran semua pihak dalam menyukseskan pesta demokrasi tahun 2019. Semakin bagus partisipasi pemilih maka kita diangap telah berhasil menyosialisasikan pemilu," kata Syamsuar.

Komentar Anda

Top