ANTARA Riau

logo
  • Home Bawaslu Riau Tandangi 14 Parpol Sosialisasikan Pemilu

Bawaslu Riau Tandangi 14 Parpol Sosialisasikan Pemilu


Pekanbaru (Antarariau.com) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau secara bergiliran melakukan kunjungan ke kantor 14 partai politik guna menyosialisasikan aturan Pemilu 2019.

"Materi sosialisasi hususnya tentang kampanye, baik alat peraga, bahan, alur pengawasan, politik uang, hingga peraturan dan Undang-Undang yang berkaitan dengan kampanye Pemilu dikupas tuntas," kata Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan di Pekanbaru, Kamis.

Rusidi menjelaskan pada setiap kunjungan ke kantor Parpol, para komisioner Bawaslu memberikan penjelasan serinci mungkin akan aturan main kampanye pada Pemilu 2019. Bahkan pihaknya membuka sesi tanya jawab.

"Pada tiap pertemuan Parpol  antusias bertanya tantang Pemilu 2019, termasuk Calon Legislatif (Caleg)," ujar Rusidi.

Ia menyebutkan pihaknya memaparkan secara menyeluruh peraturan serta perundang-undangan yang berlaku untuk partai dan caleg.

Selain itu juga menyampaikan apa yang boleh dilakukan dan tidak dalam kampanye Pemilu.

Hari pertama kunjungan Bawaslu ke Dewan Pimpinan Daerah Partai  Demokrat Provinsi Riau yang berada di Jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru.

Terlihat Amiruddin Sijaya disambut oleh Ketua DPD Partai Demokrat Riau Asni Auzar bersama Wakil Ketua Ibnu Zaini, dan 20 orang pengurus dan caleg. Kunjungan dilakukan pada pukul 08.00 WIB.

Kunjungan kedua di kantor DPW Partai Berkarya di Jalan Wonosari, Pekanbaru sekitar pukul 10.00 WIB.

Demikian selanjutnya hingga 14 Parpor ditandangani Bawaslu dan
berakhir Rabu sore pihaknya ke kantor  Partai Perindo.

Saat kunjungan salah satu pengurus Partai Berkarya Fazar Meranti Simanjuntak meminta Bawaslu agar dapat bersikap adil dalam menangani pelanggaran pemilu.

"Karena semua partai yang lolos pada Pemilu 2019 memiliki hak yang sama dalam politik dan penegakan hukum," ujar Fazar Meranti Simanjuntak.

Kunjungan ketiga, Bawaslu menyambangi Kantor DPW PKS yang berada di Jalan Soekarno Hatta.

Pukul 13.30 WIB, giliran Partai PKS, Bawaslu Riau disambut Ketua DPW PKS Provinsi Riau H Hendry Munief. Acara diadakan di lantai 2 kantor tersebut. Sekitar 8 orang pengurus partai dan caleg hadir di ruangan tersebut.

Tidak banyak peserta yang bertanya kepada Amir sebab sebelumnya LO partai telah menginformasikan terlebih dahulu.

Kunjungan hari Rabu berakhir di DPW Partai Perindo  di Jalan Borobudur Pekanbaru.

Pada hari terakhir kali ini, tampak hadir Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan, bersama H Amiruddin Sijaya, Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi, dan Indra Khalid Nasution, Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru.

Acara dihadiri sekitar 60 orang pengurus dan caleg. Terlihat Ketua DPW Perindo, Ahmi Septari, dan caleg partai antusias memahami materi yang diberikan oleh Bawaslu Riau.

Hampir seluruh pengurus partai Perindo se-Provinsi Riau hadir.


Komentar Anda

Top