ANTARA Riau

logo
  • Home Dua Hektare Kebun Cabai Di Bungaraya Siap Untuk Di Panen

Dua Hektare Kebun Cabai Di Bungaraya Siap Untuk Di Panen


Siak,(Antarariau.com) - Dua hektar kebun cabai di Kampung Langsat Permai, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, Riau siap untuk dipanen pada minggu kedua Oktober 2018.
    
"Kita patut bersyukur karena perekonomian di bidang pertanian semakin meningkat, tentunya ini bagian dari upaya yang telah dilakukan. Oleh karena itu jangan lupa untuk berinfak dan bersedekah," ujar Wakil Bupati Siak saat melakukan panen raya cabai di Kampung Langsat Permai, Selasa.
    
Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pertanian setempat bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat  (LPPM) Fakultas Pertanian Universitas Riau dalam mengembangkan komoditas cabai seluas 12 hektar di Kecamatan Bungaraya.
    
"Kecamatan Bungaraya selain daerah pangan juga menyimpan berbagai potensi lain yang bisa mendongkrak perekonomian masyarakat. Hal ini dibuktikan oleh masyarakatnya dengan panen raya ini," ucapnya.

Alfedri mengapresiasi masyarakat yang memiliki keinginan tinggi mengelola lahan pangan dan tanaman komoditi lainnya untuk membantu meningkatkan perekonomian.
    
"Kami selaku pemerintah Kabupaten Siak selalu  mengingatkan kepada para petani setiap panen untuk jangan lupa berzakat, agar Allah selalu melimpahkan rahmatnya," ucap dia lagi.  
   
Dia juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong untuk peningkatan perekonomian, seperti budidaya cabai dan komoditas lainnya, budidaya ikan lele ataupun peternakan.
    
Prof Dr Ir Hapsah dari Lembaga Peneliti dan Pengabdian Masyarakat Universitas Riau menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Siak bekerjasama dengan LPPM dalam membantu masyarakat melakukan pendampingan kepada para petani untuk penanaman cabai dan jenis tanaman lainnya yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.
    
"Dan kita akan mencoba mengangkat kampung Langsad Permai untuk menjadi daerah percontohan binaan pertanian pada komoditi cabai, kemudian membuat pupuk kompos, perikanan termasuk peternakan," ucap Hapsah.

Komentar Anda

Top