ANTARA Riau

logo
  • Home Lapangan Terbang Pribadi Singkawang Segera Difungsikan

Lapangan Terbang Pribadi Singkawang Segera Difungsikan


Pontianak (Antarariau.com) - Lapangan terbang pribagi PT Smart Cakrawala Aviation di Singkawang, Kalimantan Barat, segera difungsikan yang diperkirakan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat.

Manajer Area PT Smart Cakrawala Aviation, Fransiskus di Singkawang, Kamis, mengatakan, bandara seluas 34 hektare ini terletak di Jl Demang Akub, Kelurahan Semelagi Kecil, Kecamatan Singkawang Utara.

Menurut dia, pPengoperasionalan lapangan terbang ini tinggal  menunggu izin peruntukan penggunaan tanah (IPPT) dari Pemerintah Kota Singkawang.

Dia menjelaskan, persyaratan sudah dilengkapi oleh perusahaan, bahkan tim teknik dari Dinas PUPR juga sudah datang untuk melakukan survei lokasi.

"Kalau tidak salah Kamis kemarin, mudah-mudahan dengan datangnya tim teknik dari Dinas, IPPT bisa segera diproses dan kami kantongi," ujarnya.

Dikatakan dia, pembangunan fisik seperti runway, taxiway, apron, hanggar dan gudang kontainer sudah selesai 100 persen. Panjang runway sesuai kesepakatan dengan tim Kementerian dibangun 790 meter supaya pesawat kelas 1 bisa masuk ke bandara ini.

Pada minggu lalu, pihaknya memantau lapangan terbang yang baru saja selesai dibangun dengan menggunakan pesawat capung bertuliskan "Singkawang Hebat".

"Sebenarnya kami sedang melakukan perjalanan dari Pontianak ke Jambi kemudian ke Aceh, sebelum ke tempat tujuan kami sempatkan dulu untuk singgah dan berkeliling Kota Singkawang," ungkapnya.

Selain perusahaan, menurutnya, tim dari Kementerian juga pernah datang untuk meninjau.  Bahkan, dari Kementerian juga menyatakan setuju dengan keberadaan lapangan terbang tersebut.

"Jadi tinggal menunggu gerak dari Pemkot Singkawang, kapan izin IPPT-nya bisa keluar," tuturnya.

Apabila lapangan terbang tersebut sudah difungsikan, dia berjanji akan melibatkan karyawan lokal khusus untuk pemeliharaan bandara.

"Kami pastikan orang lokal, kecuali untuk tenaga teknisi pesawat memang harus yang bersertifikasi," katanya.

Secara terpisah, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menyatakan, mendukung penuh pembangunan lapangan terbang pribadi yang dilakukan PT Smart Cakrawala Aviation.

"Mengenai IPPT akan saya cek dulu prosesnya sudah sampai di mana," kata Tjhai Chui Mie.  

Menurutnya, keberadaan lapangan terbang pribadi di Kota Singkawang tentu akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Kota Singkawang.

Komentar Anda

Top